Ada tiga fase dalam menulis yang harus Anda perhatikan dengan baik untuk menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas. Tentunya fase ini harus dipenuhi semuanya dan tidak boleh diabaikan salah satu. Anda harus memaksimalkan setiap proses agar hasilnya bisa lebih optimal sesuai yang diharapkan sebelumnya.

Fase Pertama: Pramenulis  

Pada fase pramenulis tentu menjadi bagian yang sangat penting karena pada fase ini Anda mempersiapkan segala hal yang akan dijadikan sebagai bahan untuk menulis. Tahap persiapan ini bisa Anda gunakan untuk menentukan tema/topik, membuat outline, hingga menentukan tujuan dari penulisan karya tulisan tersebut.

Dengan tahap persiapan yang matang maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan proses menulis selanjutnya. Selain itu, karya tulisan Anda baik berupa buku atau lainnya akan lebih terarah dan jelas tujuannya. Isi konten yang dituliskan di dalamnya juga akan terarah, tidak melebar kemana-mana yang berisiko membuat pembaca bingung.

Fase Kedua: Penulisan

Fase penulisan/drafting adalah waktu Anda untuk menuliskan ide dengan baik sesuai dengan berbagai hal yang sudah ditentukan pada tahap persiapan. Meskipun penulisan ini masih ada kesalahan penulisan atau masalah teknis lainnya tidak masalah. Tujuannya adalah memenuhi penyelesaian karya tulisan sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan.

Pada fase dalam menulis ini hal yang terpenting adalah cepat menyampaikan ide yang ada dalam pikiran Anda. Sehingga jangan sampai Anda terganggu dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknis. Jika Anda terlalu memperhatikan masalah teknis maka akan sangat mengganggu dan menghambat munculnya ide dalam tulisan tersebut. Anda bisa memasukkan konsep utama dalam tulisan tersebut, baru kemudian bisa dikembangkan kembali pada tahap selanjutnya.

Fase Ketiga: Revisi

Berbagai kesalahan yang ditemukan di fase sebelumnya bisa diperbaiki pada fase ini. Selain memperbaiki kesalahan penulisan, Anda juga bisa mengembangkan kembali konsep yang mungkin dirasa kurang informasi. Proses pengembangan ini bisa dilakukan penambahan, pengurangan, dan penyusunan ulang agar hasil tulisan bisa menjadi lebih optimal. Apalagi jika Anda ingin menulis yang dapat memberikan manfaat untuk orang banyak maka harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik.

Pada fase dalam menulis ini memang Anda harus lebih teliti dan memperhatikan segala aspek dari segi pembaca. Sehingga nantinya buku atau karya tulisan tersebut bisa diterima dengan baik oleh para pembaca. Hal ini tentunya juga berkaitan dengan nilai penjualan buku yang bisa ditingkatkan dengan jaminan kualitas yang terbaik dari Anda sebagai penulisnya.

Maka setiap fase memang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Hal ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja jika ingin mendapatkan hasil tulisan yang terbaik dan kualitasnya sesuai dengan ekspektasi sebelumnya. Tidak perlu khawatir karena untuk melewati setiap fase dalam menulis ini Anda bisa melakukannya secara perlahan dan belajar untuk terus mengembangkan diri dan kemampuan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.