Menjadi seorang penulis maupun yang selalu berkutat dengan tulisan tentu akan membutuhkan kualitas tulisan yang baik. Kemampuan menulis jika tidak ditingkatkan dan diasah akan merugikan kita sendiri. Meski memiliki kecerdasan linguistic yang pas-pasan, tetapi jika diasah secara berkala akan menghasilkan tulisan yang bagus juga. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kemampuan menulis dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Sering membaca

Menulis memang tidak bisa lepas dari proses membaca. Membaca bermacam-macam jenis tulisan selain dapat menambah wawassan juga akan membantu kita dalam mempelajari jenis-jenis tulisan tersebut. Dengan begitu kita bisa mendapat referensi dengan lebih mudah.

  1. Merangkai tulisan dari beberapa kata

Dalam hal ini kita bisa bermain membuat kalimat dengan menyiapkan beberapa kata. Dari beberapa kata ini buatlah kalimat bebas yang saling berkesinambungan. Bisa juga dengan satu kata itu tercipta satu kalimat. Tulis saja apa yang terlintas di benak saat memikirkan kata tersebut. Dengan cara ini, kita tidak hanya mendapat gambaran tentang bagaimana memulai sebuah tulisan, tetapi juga bisa melatih kreativitas.

  1. Membuat resume

Satu kegiatan lagi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat resume atau rangkuman dari sebuat tulisn, contohnya artikel. Carilah sebuah artikel yang ingin dirangkum. Kemudian, rangkum artikel tersebut menggunakan kalimat sendiri.

  1. Mempelajari tata cara menulis yang benar

Mempelajari tata cara kepenulisan sangat oenting dilakukan saat hendak menulis. Dengan mempelajari tata cara tersebut maka kita akan mengetahui mana penulisan yang benar. Selain itu, pelajari juga teknik atau trik dalam memilih kata yang tepat dan mudah dimengerti oleh pembaca.

Tentu untuk bisa menghasilkan karya yang hebat maka kita harus menjaga kekonsistenan dalam melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kemampuan menulis kita.

Semangat menulis, lahirkan karya hebat!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.