Di saat kebanyakan orang bingung mencari ide untuk menulis, ternyata ada beberapa orang yang justru memiliki banyak ide menulis. Namun masalahnya adalah ketika ide yang dimiliki terlalu banyak kemudian justru membuat Anda bingung untuk memilih mana yang akan dituliskan terlebih dahulu. Oleh karena itu, ada beberapa poin penting yang perlu untuk Anda lakukan agar ide-ide tersebut bisa dituliskan dengan baik.

Bukankah seharusnya Anda senang jika memiliki banyak ide? Tentu saja, tetapi banyak juga yang justru kewalahan dan bingung harus mulai dari mana. Kemudian hal yang terjadi adalah tidak kunjung mulai menulis dan membuat ide tersebut dibiarkan begitu saja tanpa eksekusi untuk dijadikan sebagai sebuah karya yang bermanfaat bagi banyak orang nantinya. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung setelah melakukan beberapa hal berikut.

Membuat Daftar Ide yang Dimiliki

Tuliskan ide-ide yang Anda miliki dalam sebuah catatan khusus. Anda bisa menuliskannya secara acak, apa adanya seperti saat ide itu terlintas dalam pikiran Anda. Tidak perlu terlalu panjang, tetapi Anda bisa menulis ide tersebut secara sederhana dan simpel. Jika Anda mengingat atau memikirkan ide ini cukup detail juga bisa dituliskan dalam catatan tersebut. Setelah menulis, ambillah jeda waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran terlebih dahulu.

Membuat Prioritas Ide

Setelah istirahat sebentar, Anda bisa mulai untuk membuat prioritas dari ide-ide yang sudah dituliskan. Urutkan ide menulis tersebut sesuai dengan pilihan mana yang bisa dikelompokkan menjadi satu pembahasan atau konten dan bisa lebih mudah dituliskan. Anda bisa membuat skala prioritas berdasarkan pertimbangan Anda sendiri. Dengan adanya daftar ide yang dibuat sebelumnya tentu akan memudahkan proses Anda untuk melakukan pertimbangan.

Cek Kembali Daftar Ide Menulis Anda

Anda bisa melakukan pengecekan ulang dari daftar yang dibuat sebelumnya. Cek kembali apakah masih ada ide yang bisa mendukung pilihan prioritas Anda. Dengan begitu, ide tersebut bisa digabungkan dan melengkapi karya tulisan yang akan Anda tulis dari pilihan ide prioritas. Pastikan Anda sudah melakukan pertimbangan yang tepat untuk menggabungkan ide-ide menulis tersebut yang sesuai satu sama lain.

Mulailah Menulis Ide Prioritas

Setelah Anda menentukan ide yang akan diprioritaskan maka mulailah untuk mengembangkan ide menulis tersebut dan fokus pada konten yang berkaitan dengan ide tersebut. Simpan ide-ide lain dalam daftar yang Anda buat untuk karya selanjutnya, tidak perlu memikirkannya sekarang. Anda juga perlu membuat target untuk proses penyelesaikan naskah yang dikerjakan saat ini sehingga nantinya tidak berlarut-larut dalam proses pengerjaannya yang justru akan membuat Anda bosan menulisnya.

Setelah melakukan beberapa langkah tersebut maka bagi Anda yang kebanjiran ide tidak perlu lagi bingung untuk memilih. Setiap langkah pertimbangan bisa dilakukan dengan baik agar tidak sampai salah dalam mengambil keputusan. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah fokus untuk menyelesaikan proses menulis dari ide menulis yang sudah ditentukan berdasarkan pertimbangan prioritas.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.