Membaca adalah salah satu cara untuk memperluas pengetahuan dan membantu mengembangkan pengetahuan Anda dalam menulis sehingga tips membaca buku juga perlu untuk diketahui. Banyak yang mungkin tidak hobi membaca sehingga ketika membaca buku mudah merasa bosan. Jadi hal ini harus diatasi dengan baik agar Anda bisa menikmati waktu-waktu membaca tanpa merasa bosan.

 

Mencari Buku dengan Tema Menarik

Ketika Anda memiliki ketertarikan atau rasa penasaran terhadap sesuatu maka akan sangat menyenangkan jika Anda membaca buku yang menjawab rasa penasaran tersebut. Jadi mulailah membaca buku dengan tema yang memang Anda sukai sehingga tidak akan mudah merasa bosan saat membacanya. Anda juga bisa lebih fokus ketika membaca karena materi tersebut adalah sesuatu yang sangat ingin Anda ketahui.

 

Membaca Sambil Menggerakan Jari

Ketika Anda membaca buku maka trik yang bisa dilakukan adalah menggerakkan jari atau alat bantu lainnya sesuai dengan bagian yang sedang dibaca. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak perlu mengulangi kalimat yang sedang dibaca dan lebih fokus terhadap konten yang dibaca. Namun memang tidak semua orang bisa nyaman melakukannya, Anda bisa menyesuaikannya dengan kenyamanan masing-masing.

 

Mencari Tempat yang Nyaman

Tips membaca buku selanjutnya adalah Anda perlu mencari lokasi untuk membaca yang memang nyaman sesuai dengan keinginan Anda masing-masing. Anda juga bisa menyiapkan minuman atau camilan favorit sebagai teman membaca buku. Jadi dengan begitu suasana saat membaca buku akan jadi lebih menyenangkan dan menarik. Namun Anda harus memastikan bahwa ketika membaca buku dengan camilan atau minuman jangan sampai mengganggu konsentrasi dalam memahami isi buku tersebut.

 

Fokus Saat Membaca

Mungkin Anda pernah merasakan ketika membaca kemudian harus mengulang kalimat yang baru saja dibaca karena tidak dapat menangkap maksud dari kalimat tersebut. Hal ini dikarenakan fokus pikiran Anda yang masih ke mana-mana saat sedang membaca. Untuk mengatasinya maka Anda harus mempersiapkan diri dengan pikiran yang hanya fokus dengan buku yang sedang dibaca sehingga nantinya akan membantu untuk mengefektifkan proses membaca Anda dan langsung memahami konten yang sedang dibahas di dalamnya.

 

Dengan mengaplikasikan beberapa tips tersebut maka meskipun Anda hanya memiliki waktu sebentar untuk membaca setiap harinya, tetapi akan memberikan manfaat yang besar untuk diri serta kemampuan Anda dalam menulis. Setelah mengembangkan pengetahuan baru Anda bisa melakukan analisa untuk mendapatkan ilmu menulis yang baru dari buku bacaan tersebut melalui pengaplikasian tips membaca buku agar tidak membosankan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.