Berkarya dengan menulis adalah salah satu cara untuk bisa mengabadikan nama Anda dan memberikan inspirasi untuk orang lain yang nantinya membaca karya tersebut. Namun, tidak sedikit orang yang setelah menulis atau bahkan belum memulainya sudah merasa tidak percaya diri dengan hal yang ingin dituliskan.

 

Memang pada dasarnya hal ini wajar untuk dirasakan terutama oleh para penulis pemula. Namun, Anda harus bisa mengatasinya dengan baik agar karya bisa terus dihasilkan dan memberikan manfaat yang lebih luas lagi. Dengan begitu Anda harus menemukan cara yang tepat dan nyaman sesuai diri Anda masing-masing untuk bisa meningkatkan lagi semangat dan rasa percaya diri saat menghasilkan karya tulisan.

 

Membaca Lebih Banyak Buku, Tingkatkan Pengetahuan

Dengan pengetahuan yang lebih banyak dan terbuka maka rasa percaya diri Anda secara perlahan juga akan meningkat. Anda bisa mengambil waktu khusus untuk membaca buku atau artikel dan proses ini harus dilakukan setiap hari. Dengan begitu, nantinya Anda akan mendapatkan informasi tambahan setiap harinya. Pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan materi yang bisa ditambahkan dalam karya tulisan Anda.

 

Membuat Tulisan Ringan

Ketika Anda ingin berkarya dengan menulis tidak harus langsung menghasilkan buku, tetapi Anda bisa memulainya dari membuat tulisan-tulisan ringan. Tulisan ini bisa dibuat di buku catatan Anda atau membuat blog secara khusus. Dengan begitu Anda bisa menjadikannya sebagai media untuk berlatih menulis dan menemukan cara yang tepat untuk merangkai kalimat agar dapat diterima dengan baik oleh pembaca. Akan lebih baik jika tulisan ringan ini dipublikasi agar Anda juga bisa mendapatkan respons atau mungkin juga kritik dari orang lain yang membacanya sebagai bahan pengembangan kemampuan menulis.

 

Membaca Ulang dan Mengedit Tulisan

Tulisan apa pun yang sudah Anda buat sebaiknya dibaca lagi dan dilakukan self editing. Dengan begitu rasa percaya diri Anda juga akan semakin meningkat sehingga lebih ringan untuk mempublikasikannya tanpa rasa yang minder dan semacamnya. Ketika Anda melakukan self editing maka Anda akan mengetahui jika ada bagian yang salah tulis atau mungkin perlu ditambah dan dikurangi sehingga memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda sebagai seseorang yang berkarya dengan menulis.

 

Dengan mengaplikasikan beberapa cara tersebut maka perlahan rasa percaya diri Anda juga akan meningkat dan memberikan dampak positif untuk hasil karya tulisan Anda nantinya. Cobalah dan rasakan sendiri perubahan yang dapat terjadi ketika Anda mengatasi rasa tidak percaya diri saat sedang berkarya dengan menulis dan kemudian tanpa disadari Anda sudah menghasilkan begitu banyak karya tulisan yang menginspirasi dan bermanfaat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.