Mungkin Anda pernah menemukan novel atau buku lainnya yang dituliskan based on true story, tetapi ternyata bukan hal mudah untuk menulis cerita true story seperti ini.  Jika Anda tidak mengetahui triknya maka cerita yang disampaikan akan terasa hambar dan kurang bisa dinikmati oleh pembaca.

 

Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara yang tepat untuk menuliskan cerita berdasarkan kisah nyata baik yang dialami diri sendiri maupun orang lain. Trik ini akan membantu Anda untuk bisa menuliskan cerita dari pengalaman ini menjadi sesuatu yang menarik dan menjual. Tentu pada akhirnya juga akan memberikan keuntungan untuk Anda dapatkan jika buku ini sukses ditulis.

 

Membuat Catatan Khusus

Anda mungkin perlu untuk menenangkan diri sejenak dan kemudian merefleksikan pengalaman atau kejadian yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Setelah Anda menemukan kejadian tersebut kemudian catat setiap kejadiannya seperti apa, perasaan yang dirasakan, suasananya, dan lain sebagainya. Jika Anda bisa menggambarkannya lebih detail maka akan lebih bagus. Anda bisa membuat catatan khusus yang nantinya bisa dijadikan sebagai acuan untuk menulis cerita true story.

 

Melengkapi Komponen dalam Menulis

Beberapa orang yang merasa bahwa hidupnya biasa saja dan tidak terlalu menarik untuk diceritakan akan kesulitan untuk membuat catatan kejadian menarik dalam hidupnya. Namun hal ini bisa diatasi dengan membuat catatan khusus yang mencantumkan harapan, tantangan atau halangan, dan usaha yang Anda lakukan untuk bisa tetap mencapai harapan tersebut dan melalui segala tantangannya. Dengan begitu, sesuatu yang sederhana juga bisa menjadi kisah yang menarik dan menginspirasi orang lain yang membacanya.

 

Membuat Plot Cerita

Untuk menulis cerita true story agar ceritanya bisa tetap mudah dipahami orang lain dengan baik maka Anda tetap perlu untuk membuat plot ceritanya dengan baik. Buat poin-poin plot atau urutan cerita yang akan dituliskan. Kemudian baca kembali poin yang sudah dituliskan untuk menelaah kembali jika Anda perlu untuk menambah atau justru mengurangi beberapa bagian pada cerita tersebut sehingga nantinya secara keseluruhan ceritanya benar-benar menggambarkan cerita yang runtut dan memberikan gambaran yang tepat bagi para pembaca.

 

Menambahkan Bagian Ulasan Cerita

Agar manfaat yang didapatkan oleh para pembaca bisa lebih optimal lagi maka akan lebih baik jika dalam menulis cerita true story Anda menambahkan bab khusus untuk mengulas tentang kisah pengalaman tersebut dan menuliskan hikmah atau pelajarannya. Dengan begitu, pembaca tidak hanya menikmati cerita yang Anda suguhkan, tetapi mendapatkan banyak pelajaran dan hikmah dari setiap hal yang Anda ceritakan dalam karya tersebut.

 

Setiap hal sederhana yang terjadi dalam hidup bisa menghasilkan makna dan pelajaran yang begitu dalam jika Anda menelaahnya dari sisi yang benar. Jadi, jangan takut untuk mulai menulis cerita true story karena sebenarnya ada banyak hal dari pengalaman hidup yang mampu memberikan manfaat dan inspirasi untuk orang lain apalagi jika dijadikan sebuah karya buku dan dipublikasikan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.