Setiap pemula akan merasakan tantangan menulis buku yang memang harus dihadapi dengan baik agar proses tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Tantangan mungkin saja berbeda satu sama lain, tetapi harus dicari solusinya agar tidak sampai menjadi halangan sebagai penyebab turunnya semangat untuk menulis.

 

Jangan sampai Anda kehilangan semangat karena tantangan yang datang saat sedang menulis buku hingga akhirnya buku Anda tidak pernah selesai dan terbengkalai. Menjadi penulis hebat memang bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dengan instan, tetapi Anda harus mengusahakannya dengan berbagai cara agar bisa terwujud dengan baik.

 

Kebingungan Saat Menentukan Ide Menulis

Hal ini menjadi masalah yang paling umum terjadi pada setiap penulis, terutama yang masih pemula. Bisa karena belum mendapatkan ide untuk dikembangkan atau bahkan terlalu banyak ide sehingga bingung untuk memilih ide mana yang akan dituliskan dan dikembangkan. Hal ini tentu membutuhkan solusi yang tepat agar Anda mendapatkan sesuatu yang menarik untuk dikembangkan menjadi sebuah buku.

 

Sulit Konsisten

Konsisten dalam berbagai hal memang menjadi sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan, tetapi ini menjadi tantangan menulis buku yang memang harus diselesaikan dengan baik. Ketika Anda sudah memutuskan waktu khusus untuk menulis maka Anda harus melakukan dan menyelesaikannya sesuai target yang telah ditentukan. Tingkatkan kemauan Anda untuk menyelesaikan tulisan tersebut agar segera selesai sesuai dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

Masih Meraba-Raba Gaya Tulisan Sendiri

Unuk orang yang sudah berpengalaman dalam dunia menulis tentunya sudah memiliki gaya bahasa atau tulisannya sendiri yang menjadi ciri khas di kalangan pembaca. Namun, ini menjadi tantangan bagi penulis pemula yang masih belum mengetahui bagaimana gaya tulisan yang baik untuk karya tulisannya. Anda tidak perlu panik ketika hal ini belum juga ditemukan, tetapi berproseslah dan terus menulis untuk menemukan gaya tulisan terbaik yang menarik.

 

Diserang Rasa Malas dan Bosan

Rasa bosan dan malas untuk menulis hampir dialami oleh kebanyakan orang yang baru mulai menulis. Ada saat yang memang mungkin Anda sudah merasa jenuh saat akan menulis dan mengembangkan ide yang sudah dibuat. Untuk mengatasinya Anda bisa mengambil jeda atau istirahat sejenak untuk me-refresh pikiran dan perasaan. Kemudian Anda bisa menulis kembali dengan perasaan yang senang dan tenang tentunya.

 

Tidak perlu panik dan khawatir ketika Anda mulai mendapatkan tantangan demi tantangan ketika mulai berusaha menyelesaikan karya tulisan untuk kemudian dipublikasikan. Namun Anda harus tetap tenang dan menjaga mood agar tetap baik. Setiap tantangan menulis buku tentu bisa diselesaikan dengan baik ketika Anda masih dalam keadaan yang tenang dan nyaman saat melakukannya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.