Di dalam proses menulis, membuat judul untuk sebuah buku merupakan hal yang susah-susah gampang. Semua orang terutama bagi penulis pemula pasti akan kesulitan untuk menentukan judul yang akan digunakan dalam tulisannya. Menulis judul buku menjadi hal yang susah ketika kita berekspektasi bahwa judul buku tersebut harus merepresentasikan tulisan kita. Padahal, menulis judul buku itu sangat mudah ketika kita menganggapnya hanya menuliskan beberapa frasa yang menarik untuk dibaca.

Judul untuk sebuah buku merupakan hal yang sangat vital. Ibarat nama untuk seseorang, judul dalam sebuah buku dapat dijadikan sebagai identitas tulisan yang kita buat. Ketika sebuah buku tidak memiliki identitas, bagaimana pembaca akan mengetahui apa yang kita tuliskan. Selain menjadi identitas, judul buku juga dapat membantu para pembaca yang ingin mencari dan membeli tulisan kita ketika telah dipasarkan di toko buku. Sebagai bagian yang paling awal dilihat oleh para pembaca karena letaknya berada di depan bersama dengan cover, penulisan judul buku haruslah menarik pembaca. Mengapa? Hal ini dilakukan agar buku kita berpotensi besar untuk laris di pasaran. Lalu, bagaimana caranya untuk membuat sebuah judul buku yang menarik para pembaca?

Harus bombastis

Ketika berbicara tentang buku nonfiksi atau buku-buku populer, judul yang bombastis selalu identik dengan buku yang laris manis di pasaran. Ya bisa dibilang buku tersebut paling banyak dicari bahkan bisa mencapai tingkat best seller. Sebenarnya, untuk menarik pembaca agar ingin membeli buku kita tidak harus membuat judul yang bombatis. Mengapa? Buku yang bagus seharusnya dibarengi dengan judul yang bagus pula. Untuk apa kita membuat judul yang sangat menarik kalau isi yang kita tulis tidak menarik bahkan tidak ada korelasinya dengan judul yang dibuat.

Bisa membuat pembaca penasaran

Ini adalah salah satu hal terpenting dalam membuat sebuah judul. Judul yang dapat membuat pembaca penasaran menjadi salah satu trik menarik yang digunakan oleh penulis. Untuk membuat judul yang seperti ini cukup mudah. Kita hanya perlu mengolah diksi yang akan kita gunakan untuk sebuah judul. Ketika hal ini sudah diterapkan kemudian para pembaca tertarik dan timbul pertanyaan dalam benaknya mengenai isi tulisan kita maka para pembaca pasti akan mencari tahu apa yang kita tuliskan di dalamnya.

Harus spesifik

Kalau kita menulis sebuah novel, kita harus benar-benar membuat sebuah judul yang spesifik. Spesifik di sini dalam artian judul tersebut harus bisa merepresentasikan isi buku kita, entah tokoh yang diceritakan, kapan terjadinya peristiwa yang diceritakan, dan sebagainya. Selain itu, ketika kita membuat judul yang spesifik ini akan memudahkan kita sebagai penulis untuk membatasi pembahasan isi buku. Tidak hanya itu saja, judul yang spesifik akan memudahkan pembaca untuk mengetahui isi buku kita tanpa timbul kesalahan penafsiran antara judul dengan isi tulisan.

Itu adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah judul yang menarik. Masihkah kalian kebingungan dalam membuat sebuah judul untuk tulisan kalian? Coba terapkan dahulu beberapa cara di atas. Semoga setelah menerapkan beberapa cara di atas, kita tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sebuah judul yang dapat mengundang atensi para pembaca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.