Salah satu hal yang sangat penting diperhatikan oleh para penulis adalah self editing dengan baik dan benar. Dengan proses ini maka tulisa Anda akan memiliki kualitas yang baik dan nyaman untuk dibaca nantinya. Hal ini akan memberiksn kenyamanan dan penyampaian informasi yang optimal untuk para pembaca Anda.

 

Namun melakukan self editing masih jarang dilakukan terutama oleh penulis pemula. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan dengan baik dan tepat. Ada banyak manfaat yang nantinya didapatkan jika Anda melakukan editing mandiri setelah proses penulisan dilakukan. Dengan begitu Anda bisa mengontrol isi buku secara optimal.

 

Mengambil Jeda Sebelum Editing

Setelah proses penulisan naskah selesai dilakukan ambillah jeda waktu sejenak untuk beristirahat dan naskah yang sudah Anda buat. Hal ini akan membantu untuk membuat otak Anda kembali refresh untuk melakukan proses editing secara lebih optimal. Selama masa jeda ini Anda bisa melakukan berbagai hal lain atau membuat catatan-catatan kecil yang nantinya bisa berguna untuk tulisan selanjutnya.

 

Memosisikan Diri Sebagai Pembaca

Setelah Anda mengambil jeda maka Anda akan lupa detail dari naskah yang sudah ditulis. Baca kembali naskah tersebut saat melakukan self editing dengan memosisikan diri sebagai pembaca. Anda bisa memperhatikan jika ada kesalahan penulisan atau kalimat yang ternyata ketika dibaca ulang membingungkan untuk dipahami. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bagian-bagian yang memang perlu untuk diperbaiki.

 

Memperhatikan Konten Naskah

Meskipun sejak awal Anda sudah membuat timeline isi buku untuk membantu proses penulisan, tetapi tidak ada salahnya jika saat proses self editing Anda memperhatikannya sekali lagi. Perhatikan bahwa setiap pokok bahasan sudah terbagi dengan baik dan berkaitan satu sama lain. Hal ini akan membantu pembaca untuk mendapatkan informasi secara runtut dan lebih mudah untuk dipahami dengan baik. Tentunya hal ini berkaitan dengan tujuan dari Anda menulis buku tersebut.

 

Menyeleksi Ulang Konten Buku

Saat melakukan proses editing maka Anda bisa menyeleksi ulang konten yang dituliskan dalam naskah buku. Mungkin saja ada bagian yang perlu untuk dihilangkan atau ditambahkan sehingga nantinya konten buku akan terasa lebih berisi dan lengkap dengan informasi penting. Kualitas dari isi konten buku Anda akan berkembang dan meningkat dengan adanya proses editing yang dilakukan dengan baik dan benar.

 

Dengan melakukan proses editing seperti ini maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal dan bermanfaat untuk para pembaca nantinya. Jangan sampai Anda mengabaikan proses ini karena manfaatnya sangatlah besar untuk meningkatkan kualitas naskah buku Anda. Jadi lakukanlah self editing dengan cara yang tepat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.