Setelah selesai menulis dan menerbitkan buku maka tugas selanjutnya adalah promosi buku. Dengan langkah promosi yang tepat maka penjualan buku juga akan menjadi lebih optimal dan akhirnya memberikan keuntungan yang optimal untuk Anda nantinya. Hal ini tentunya sangat penting untuk direncanakan dan dipertimbangkan sejak awal pembuatan buku.

Ada berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan promosi secara optimal. Tidak hanya membuat buku Anda dikenal semakin banyak orang dan nantinya juga akan membantu untuk meningkatkan proses penjualannya. Semakin banyak buku yang terjual akan membuat Anda bisa memberikan manfaat untuk semakin banyak orang.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi wadah yang sangat bagus dan optimal untuk Anda melakukan promosi buku. Anda bisa membuat poster atau video yang disebarkan melalui jejaring di media sosial untuk mendapatkan peminat buku yang jauh lebih banyak sehingga orang akan dengan mudah untuk menghubungi jika ingin membeli buku tersebut. Hal ini tentunya menjadi media yang saat ini sangat menguntungkan untuk menjadi wadah promosi Anda semaksimal mungkin dan memperluas penjualan buku.

Menjual Buku Anda Sendiri

Jika Anda sudah memiliki komunitas atau kumpulan maka akan lebih mudah untuk menjual sendiri buku yang Anda hasilkan. Menjual ke teman-teman atau rekan dekat tentunya akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini juga akan membantu untuk promosi dari buku Anda dari teman-teman terdekat. Dukungan ini tentunya sangat dibutuhkan terutama untuk Anda yang masih seorang penulis pemula.

Menjadi Pembicara

Anda bisa memilih untuk menjadi seorang pembicara dan mencari peluang tersebut dari lingkungan sekitar. Terutama untuk kelas-kelas menulis jika Anda memiliki kesempatan untuk membuatnya sehingga akan bisa menjadi ajang untuk promosi Anda untuk karya buku yang dihasilkan. Tentunya harus menyesuaikan juga dengan tema atau masalah yang sedang dibahas dari kelas tersebut sehingga akan sangat cocok serta bisa diterima oleh banyak orang yang ada di sana.

Membuat Blog atau Website untuk Penjualan Buku

Anda bisa membuat blog atau website khusus yang digunakan untuk penjualan buku secara khusus. Hal ini tentunya akan membuat Anda terlihat lebih profesional di mata para pembeli. Dengan personal branding yang tepat maka orang lain akan meyakini bahwa buku yang Anda tulis akan memberikan manfaat yang besar dan memenuhi kebutuhan pembaca dalam mencari sebuah informasi atau bahkan inspirasi.

Langkah promosi yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap penjualan buku Anda secara keseluruhan. Bahkan untuk membuat buku Anda laris manis sampai bisa cetak ulang dan mendapatkan keuntungan secara materi yang lebih dari ekspektasi sebelumnya. Jadi rencanakan dengan baik rencana promosi buku yang akan dilakukan untuk buku Anda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.