Munculnya rasa tidak percaya diri saat sedang berkarya adalah sesuatu yang mungkin saja terjadi, tetapi Anda harus mengetahui cara mengatasi rasa insecure. Perasaan insecure jika dibiarkan terus berada dalam diri Anda maka akan memberikan dampak yang negatif nantinya. Anda akan semakin takut untuk melangkah dan berkarya dengan baik.

 

Impian untuk menjadi seorang yang sukses di bidang tertentu, tetapi harus terpatahkan karena adanya perasaan insecure yang semakin lama semakin besar. Tentu akan sangat disayangkan jika hal itu terjadi karena sebenarnya rasa insecure bisa dikelola dengan baik agar tetap menguntungkan untuk Anda dan tidak menjadi penghalang untuk keberhasilan Anda dalam mencapai impian, misalnya saja keinginan untuk menerbitkan buku.

 

Jangan Pernah Membandingkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan membandingkan pencapaian diri sendiri dengan orang lain. Adanya media sosial saat ini memang memudahkan untuk berbagi sesuatu, tetapi jika Anda melihat pencapaian orang lain di media sosial dan merasa terpuruk tentu itu bukanlah hal yang baik. Hal ini seharusnya menjadi pelecut semangat untuk Anda agar bisa mencapai kesuksesan yang sama atau bahkan lebih sehingga sebaiknya pacu diri Anda untuk bisa mencapai titik yang ditargetkan dalam mimpi Anda sendiri.

 

Mengingat Pencapaian yang Sudah Dilakukan  

Salah satu mengatasi rasa insecure adalah dengan merenungkan dan mengingat kembali segala pencapaian yang sudah pernah Anda raih sebelumnya. Tidak hanya itu, segala hal baik yang pernah Anda lakukan juga bisa diingat kembali. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa menyadari bahwa adanya diri Anda bisa memberikan banyak manfaat untuk orang lain dan bisa mencapai titik kesuksesan versi Anda sendiri. Dengan cara ini Anda juga tidak akan terlalu fokus pada kegagalan atau pencapaian yang masih kurang saat ini.

 

Tetap Menjadi Diri Sendiri

Jika Anda berusaha untuk mengubah diri menjadi seperti orang lain demi bisa mencapai kesuksesan yang sama karena hal itu akan sangat menyiksa untuk Anda. Dalam mencapai impian Anda masing-masing tentu cara yang paling tepat adalah dengan tetap menjadi diri sendiri. Anda harus mencari jalan yang memang sesuai dengan diri Anda serta memberikan kenyamanan selama prosesnya sehingga nantinya dalam perjalanan mencapai titik kesuksesan itu maka Anda akan lebih nyaman dan bahkan hasil yang didapatkan juga lebih besar.

 

Renungkan Kelebihan Anda

Cobalah untuk menemukan segala kelebihan yang Anda miliki. Dengan mengetahui dan memahami kelebihan yang dimiliki tentu akan membantu Anda untuk menjadi lebih bersyukur atas hal yang sudah dimiliki. Termasuk juga adanya dukungan yang optimal dari lingkungan sekitar merupakan sesuatu yang patut untuk Anda syukuri. Dengan bersyukur maka bisa menjadi mengatasi rasa insecure yang ampuh untuk Anda optimalkan.

 

Perasaan insecure tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Anda harus mengatasinya dengan baik meskipun secara perlahan. Jangan biarkan perasaan insecure kemudian menjadi salah satu penghalang keberhasilan Anda dalam mencapai cita-cita yang diharapkan. Anda bisa perlahan mencari mengatasi rasa insecure yang paling tepat untuk dilakukan sesuai diri Anda masing-masing.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.