“Kira-kira kapan ya waktu yang pas untuk menulis? Menulis apa pun deh, mau menulis cerita pendek, menulis puisi, atau hanya sekadar mencatat hal-hal penting yang terlintas di pikiran.”

“Ah aku ingin menulis tapi aku masih sibuk pagi ini. Malam nanti bisa tidak ya aku menyelesaikan tulisanku?”

“Aku ingin memulai untuk menulis sebuah karya tapi aku nggak tahu nih kapan ya waktu terbaik untuk memulai menulis?”

“Apakah semua waktu dalam 24 jam adalah waktu terbaik untuk menulis?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terlintas di benak kita. Kita suka kebingungan mencari waktu untuk menulis. Kita merasa bahwa menulis membutuhkan waktu khusus agar lebih fokus. Sayangnya kita tidak mengetahui kapankah waktu itu.

 

Kira-kira kapan sih waktu terbaik untuk menulis?

Menulis sebenarnya bisa dilakukan kapan saja tetapi sebagian orang lebih menyukai menulis di saat waktu-waktu tertentu. Tujuannya adalah agar lebih nyaman dan lancar dalam menuangkan ide-ide yang terkumpul dalam pikiran. Nah, kira-kira kapan sih waktu terbaik untuk menulis?

Ada 4 waktu terbaik yang bisa dijadikan pilihan untuk memulai menulis. Pertama adalah saat sedang menunggu. Kita sering kali merasa bosan ketika sedang menunggu, entah menunggu kereta datang, menunggu antrean, dan sebagainya. Ketika sedang menunggu, kita dapat manfaatkan waktu untuk menulis. Kita bisa menulis di gadget atau buku catatan kecil yang ada di dalam tas. Menulis saat sedang menunggu itu juga bisa untuk menghilangkan kejenuhan loh.

 

Waktu kedua adalah saat pagi hari. Pagi hari identik dengan semangat yang menggebu-gebu dan pikiran yang masih segar. Waktu pagi hari ini bisa kita manfaatkan untuk menuliskan sesuatu entah itu kata-kata mutiara sebagai penyemangat maupun menyelesaikan naskah yang akan dicetak untuk sebuah buku. Pagi hari dianggap sebagai salah satu waktu yang paling mujarab karena pikiran kita masih segar untuk menuangkan ide-ide.

 

Ketiga yakni saat malam hari. Malam hari juga dianggap sebagai salah satu waktu yang paling mujarab untuk menulis, terutama waktu menjelang tidur. Dengan kondisi yang tenang dan tidak bising dapat membuat pikiran kita lebih rileks. Malam hari menjadi waktu favorit bagi mayoritas penulis.

 

Waktu terakhir adalah ketika ide itu muncul. Tidak jarang penulis bergegas mengeluarkan senjatanya saat ide itu muncul. Ide bisa muncul kapan saja dan secara tiba-tiba. Ketika ide itu muncul, sebisa mungkin harus segera dituangkan agar tidak ada yang terlewat.

 

Sebenarnya, menulis bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Tidak ada waktu-waktu khusus atau waktu-waktu tertentu untuk menghasilkan tulisan terbaik. Akan tetapi, ada beberapa waktu yang dirasa baik untuk menulis. Waktu-waktu terbaik untuk menulis tidak akan memberikan pengaruh penting terhadap hasil tulisan kita. Waktu-waktu tersebut hanya membantu kita untuk memberikan mood yang bagus sehingga lancar dapat menuangkan ide-ide yang telah terkumpul dalam pikiran kita.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.