Sumber: lifestyle.okezone.com

Selain peringatan Dirgahayu Kemerdekaan RI, ternyata ada selebrasi lain di bulan Agustus ini lho! Wow, apa tuh? Yaitu Hari Konservasi Alam Nasional atau HKAN yang tepatnya diperingati pada tanggal 10 Agustus 2022 kemarin. HKAN ini merupakan “hajatan” besar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diadakan setiap tahun sebagai bentuk upaya menjaga dan mendukung kesinambungan kegiatan konservasi alam.

Nah, mumpung masih dalam momen HKAN, berikut ada beberapa rekomendasi buku seputar alam dan lingkungan. Setelah membacanya, kamu akan semakin tersadar betapa banyak yang telah alam berikan kepada manusia selama ini. Check this out!

 

Safe and Healthy Food Karya Pipi Puspita (2021)

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Safe and Healthy Food: Mengenal dan Menghasilkan PSAT Aman Pestisida adalah sebuah buku karya Pipi Puspita yang memaparkan tentang safe food from farm to table. Buku yang ditulis oleh alumni pelatihan menulis Book Writing Camp ini juga menyampaikan manfaat beragam sayur dan buah-buahan yang bebas pestisida. Harapannya pembaca jadi lebih aware tentang pangan sehat yang fresh dari alam tanpa sentuhan bahan kimia membahayakan tubuh. Menariknya lagi, penulis juga memberikan bonus resep makanan organik dari bahan-bahan alami yang mudah ditemui di sekitar kita.

 

Berwisata Alam di Taman Nasional Karya Jatna Supriatna (2016)

Sumber: mongabay.co.id

Allah mengaruniakan bumi Indonesia dengan kekayaan alam yang indah dan berlimpah. Dengan beragam kekayaan alam tersebut, ada potensi wisata alam yang bisa dikembangkan secara berkelanjutan, salah satunya yaitu taman nasional. Buku karya Jatna Supriatna ini menginformasikan secara lengkap semua taman nasional yang ada di Nusantara. Melalui buku ini, pembaca seolah diajak bertamasya ke setiap taman nasional dari Sabang sampai Merauka, sekaligus mengenal profil dan karakteristik masing-masing.

 

Menjadi Planter yang Tepercaya Karya Dodi Mulyanto (2021)

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Sadar atau tidak, banyak benda di rumah yang merupakan produk olahan kelapa sawit. Sebut saja, minyak goreng, mentega, cokelat, bahkan sabun dan sampo. Kelapa sawit pun menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia yang utama. Di balik semua itu, ada sosok planter yang sangat berjasa dalam perkebunan kelapa sawit. Buku Menjadi Planter yang Tepercaya karya Dodi Mulyanto menyajikan kisah informatif tentang profesi planter yang masih asing bagi sebagian kalangan. Dengan buku ini, pembaca akan diajak menyelami betapa besar potensi kekayaan sawit di Indonesia apabila dikelola dengan manajerial yang tepat.

 

Good Mining Practice di Indonesia Karya Irwandy Arif (2021)

Sumber: pekerjatambang.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia ibarat “surga” pertambangan, terutama bahan tambang mineral dan batu bara. Namun, dalam beberapa dekade ini, aktivitas pertambangan memiliki polemik tersendiri karena dinilai mengeksploitasi alam secara berlebihan hingga menyebabkan banyak dampak negatif bagi lingkungan. Irwandy Arif melihat sisi lain dari industri pertambangan di Indonesia yang dibedah secara komprehensif melalui bukunya, Good Mining Practice di Indonesia. Buku ini cocok untuk menambah wawasan tentang kaidah pertambangan yang baik untuk meminimalkan dampak negatifnya.

 

Ayo Budikdamber! Karya Aidil Safitri (2021)

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Pernah dengar istilah “budikdamber”? Kata tersebut adalah sebuah akronim yang kepanjangannya budi daya ikan dan sayuran dalam ember. Aidil Safitri membahas lebih lengkap metode akuaponik tersebut dalam bukunya yang berjudul Ayo Budikdamber!. Buku yang diterbitkan oleh penerbit buku Malang ini menyampaikan runtut mulai dari pengenalan budikdamber, kelebihan budikdamber, langkah melakukan budikdamber, hingga jenis ikan dan sayuran yang cocok untuk budikdamber. Penulis juga memberikan “bonus” pembahasan tentang bagaimana menjadikan budikdamber sebagai usaha sampingan yang produktif dan prospektif. Menarik sekali, bukan?

 

Itulah rekomendasi lima buku tentang alam dan lingkungan yang bisa kamu tambahkan ke daftar bacaanmu. Dengan memperbanyak literasi tentang alam dan lingkungan, kita akan semakin sadar betapa alam telah memberikan semua untuk manusia. Semoga kita bisa mencintai alam dan tidak sampai merusaknya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.