Sumber: instagram.com/widyaaa.ns

Saat ini sudah banyak pencinta buku yang membuat resensi buku di Instagram, Twitter, dan YouTube. Sangking banyaknya, penerbit buku biasanya juga mengadakan lomba untuk memberikan resensi kepada buku-buku yang telah diterbitkan oleh penerbit yang bersangkutan. Hasil resensi bukunya dibuat begitu menarik karena sudah banyak aplikasi edit yang bisa dimanfaatkan.

Resensi buku ini sangat membantu orang lain yang ingin membeli buku tersebut dan juga menaikkan profit penjualan buku pula karena banyak yang tertarik. Nah, sekarang giliran kamu untuk membuat resensi buku. Kamu bisa mengikuti tips-tips berikut agar hasil resensi bukumu lebih kreatif dan berbobot.

Yuk, simak!

 

Pilih Buku

Sumber: weheartit.com

Hayo, siapa di sini yang suka jajan buku tiap bulan, tetapi yang dibaca hanya beberapa?

Coba deh, dari buku-buku yang kamu miliki itu pilah buku berdasarkan jenisnya. Setelah itu, pilihlah satu buku yang akan kamu buat resensi, lalu bacalah. Ketika membaca buku, jangan lupa untuk menandai kalimat, bab yang menarik, atau plot twist yang ingin kamu bahas ketika meresensi.

Tulis Resensi Buku yang Diinginkan

Sumber: instagram.com/possessivereader

Jika kamu sudah paham dengan unsur-unsur resensi buku, sebaiknya kamu bisa menginovasikannya. Hal ini akan membuatmu lebih kreatif dalam mengolahnya. Kamu bisa membahas hal yang disukai dan tidak dari buku tersebut, kesimpulan isi buku, beberapa poin pembahasan utama, favorit, atau alasan agar orang lain harus membaca buku tersebut.

Foto Buku

Sumber: Dokumentasi pribadi

Dalam pembuatan resensi buku, kamu perlu memfoto buku tersebut seindah mungkin. Semakin cantik sisi foto yang kamu ambil maka akan semakin menarik bagi yang melihatnya. Foto ini bisa diunggah di semua medsos yang kamu punya untuk membuat resensi bukumu berbeda dari lainnya.

Kreasikan Resensi Buku

Sumber: instagram.com/bacaanalya

Aplikasi untuk mengedit foto atupun video saat ini sudah banyak, kamu harus memanfaatkannya untuk mengkreasikan resensi buku. Mulai dari aplikasi Phonto yang bisa dibuat mengkreasikan font, VN atau CapCut untuk mengedit video, atau VSCO, Lightroom, Snapseed untuk mengedit foto. Kamu bisa mengedit foto ataupun video sesuai keinginanmu. Buatlah seaestetik dan semenarik mungkin.

Unggah di Semua Sosmed

Sumber: go.fiverr.com

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan setelah membuat resensi buku adalah mengunggahnya di semua medsos yang kamu punya. Biarkan orang lain melihat dan mendapatkan manfaat dari resensi yang telah kamu buat. Jangan lupa, siapkan caption simple tentang isi buku tersebut.

 

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu terapkan dalam membuat resensi buku. Dijamin, resensi yang kamu buat akan terlihat cantik dan berbobot. Bisa jadi, setelah banyak buku yang telah dibahas, kamu tertarik untuk membuat buku sendiri. Saat ini, gampang kok kalau mau membuat buku, bisa bekerja sama juga dengan jasa menulis buku.

Tunggu apa lagi? Selamat berkreasi!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.