Seorang penulis pasti sangat sering pergi ke perpustakaan, baik itu perpustakaan luring atau daring. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di perpustakaan, mulai dari mencari bahan-bahan referensi untuk tulisan, membaca buku, hingga menulis. Tempatnya yang tenang emang pas banget untuk menulis dan membaca buku.

Namun, bagaimana jika perpustakaan itu memiliki hal unik, misalkan dari desain interior atau bangunan tempatnya? Yakin banget pasti kamu akan merasakan sensasi tersendiri ketika berada di perpustakaan itu. Berikut ini ada lima perpustakaan unik yang ada di dunia.

Epos Book Boat di Norwegia

Sumber: knaggen.no

Kalau biasanya perpustakaan keliling itu ada di daratan, beda halnya dengan perpustakaan yang ada di Norwegia ini. Ya, dilihat dari gambar di atas, kamu pasti sudah bisa menebak kalau perpustakaannya berada di dalam kapal yang berjalan di laut. Perpustakaan yang tepatnya ada di daerah Hordaland ini ternyata sudah beroperasi sejak 1959, lho. Bayangin kamu bisa membaca buku di tengah-tengah lautan yang tenang. Nyaman banget, kan?

 

Biblioburro di Kolombia

Sumber: platform.labdoo.org

Kalau perpustakaan sebelumnya menggunakan kapal sebagai sarana kelilingnya, Biblioburro menggunakan keledai untuk keliling membawa beberapa buku. Meski kapasitas buku yang bisa dibawa tidak banyak, tetapi konsep perpustakaan keliling ini cukup menarik perhatian anak-anak di desa terpencil Kolombia untuk mulai membaca buku. Dilangsir dari bbc.com (2018), Biblioburro ini digagas oleh Luis Soriano, seorang guru yang ingin memperluas wawasan anak-anak di desa terpencil tersebut. Seru juga, ya. Selain bisa baca buku, anak-anak juga bisa bertemu dengan keledai yang menggemaskan.

 

Perpustakaan Unta di Kenya

Sumber: travel.detik.com

Jika Kolombia ada perpustakaan keledai, di Kenya ada perpustakaan unta. Konsep yang diusung hampir sama dengan Biblioburro, ada beberapa buku yang dibawa oleh hewan, hanya saja kali ini hewannya adalah unta. Dengan berjalan melintasi padang pasir, unta-unta tersebut dituntun untuk mengunjungi komunitas-komunitas yang nomaden dan kekurangan bahan bacaan. Menurut idntimes.com (2016), perpustakaan unta ini dinaungi oleh Kenya National Library Service.

 

Becak Pustaka di Indonesia

Sumber: brilio.net

Selain tiga perpustakaan di atas, di Indonesia juga ada perpustakaan keliling yang tak kalah unik, loh. Salah satunya adalah perpustakaan keliling yang diciptakan oleh Pak Sutopo. Bedanya dengan perpustakaan keliling lainnya, Pak Sutopo membuat perpustakaan di becak kesayangannya. Kemudian becak itupun dinamakan Becak Pustaka. Kalau kamu ingin menemui perpustakaan unik ini, kamu bisa pergi ke Yogyakarta. Di sana juga banyak penerbit buku, barangkali kamu tertarik untuk bekerja sama.

 

Weapons of Mass Instruction di Argentina

Sumber: newyorker.com

Perpustakaan keliling yang satu ini berbentuk seperti tank di masa perang. Perpustakaan ini bisa kamu temui di jalanan Buenos Aires, Argentina. Weapons of Mass Instruction (WMI) diciptakan oleh Ford Falcon dengan mengubah kerangka kendaraan tank menjadi rak buku yang bisa dimasuki buku-buku sehingga membentuk body tank. Unik banget, ya!

 

Itulah lima perpustakaan unik yang ada di dunia versi Litera Mediatama. Jika kamu diberi kesempatan untuk berkunjung, perpustakaan manakah yang ingin kamu kunjungi?

Berbicara tentang perpustakaan, adanya buku memang penting dalam kehidupan kita. Kita bisa belajar dan mengetahui banyak hal dari buku. Apalagi saat ini para penerbit sudah banyak yang memproduksi buku-buku dengan beragam genre, seperti penerbit buku Malang.

So, jangan lupa baca buku, ya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.