Sumber: Resilient Educator

 

Membaca memindai atau yang sering disebut dengan scanning merupakan teknik membaca untuk mendapatkan informasi tanpa perlu membaca keseluruhan isi teks, dilakukan secara cepat dan tepat dengan hanya fokus pada apa yang dicari.

Lah, gimana tuh maksudnya?

Misalnya, kamu tengah membaca halaman indeks pada referensi kuliah keluaran penerbit buku Malang. Kamu hendak mencari istilah “paradoks” pada daftar indeks tersebut. Dengan membaca memindai, kamu tidak perlu membaca keseluruhan satu per satu kata pada halaman indeks yang tentu jumlahnya sangat banyak. Kamu cukup baca secara cepat untuk fokus menemukan kata “paradoks”.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan agar dapat membaca memindai secara efektif dan efisien. Yuk, cek di bawah ini!

 

Tentukan Kata yang Akan Dicari

Sumber: FluentU

Sebelum membaca memindai, kamu harus sudah menentukan akan mencari kata apa. Baik saat akan membaca kamus, ensiklopedia, indeks, maupun bacaan pada umumnya, tentukan apa yang akan kamu cari dengan membaca memindai tersebut. Perlu diketahui pula bahwa membaca memindai tidak hanya dikhususkan untuk mencari istilah pada daftar tersusun, seperti daftar isi atau indeks saja. Pada buku bacaan biasa juga bisa dilakukan membaca memindai apabila memang kamu butuh mencari bagian tertentu yang ingin ditemukan secara cepat.

 

Telusuri Kata Itu Secara Cepat pada Halaman Buku

Usai kamu menentukan hendak mencari kata apa, langkah selanjutnya adalah melakukan penelusuran pada halaman yang akan dibaca. Merunut dari contoh tadi, misal di sebuah halaman indeks terdapat 50 kata, gerakkan indra penglihatanmu untuk menjelajah di antara 50 kata tersebut. Ingat! Tidak perlu dibaca semua dengan saksama, cukup pindai saja sekilas di antara kumpulan kata tersebut hingga menemukan deret yang serupa dengan yang kamu cari.

 

Perlambat Gerakan Mata pada Deret Kata yang Serupa

Sumber: IDP IELTS Canada

Jika sudah hampir sampai pada deret kata yang serupa dengan yang kamu cari, perlambatlah gerakan mata. Misalnya, ketika kamu mencari kata “paradoks” tadi pada indeks, jika sudah sampai di deretan kata berawal “P” maka coba fokuskan gerakan mata untuk menemukan kata “paradoks”. Barulah di sini kamu perlu pelan-pelan agar tidak terlewat apa yang dicari. Ketelitian pun dibutuhkan sehingga tidak sampai mengulang dari awal akibat tidak menemukan kata yang dicari.

 

Catat Keterangan yang Dibutuhkan

Apabila kamu sudah menemukan kata yang dicari, jangan lupa catat keterangan yang dibutuhkan, ya! Contohnya saat mencari kata pada indeks tadi, jika sudah berjumpa dengan kata “paradoks”, jangan lupa mencatat halaman dan informasi lain yang tersedia. Akan percuma melakukan membaca memindai kalau pada akhirnya kamu tidak mendapatkan informasi yang diperlukan.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk membaca memindai secara efektif dan efisien. Teknik membaca ini akan sangat bermanfaat jika dipraktikkan secara tepat. Informasi penting yang termuat dalam sumber bacaan dari penerbit buku mana pun dapat ditemukan dengan praktis. Selamat mencoba!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.