Berkembangnya era industri membuat semua jadi serba digital, tak terkecuali buku. Pernahkah kamu mengenal istilah audiobook? Ya, sesuai dengan namanya, audiobook ini bisa diartikan sebagai buku yang dapat dinikmati dengan cara didengar. Ini sangat berguna bagi orang-orang yang tidak bisa membaca buku karena suatu keterbatasan.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari audiobook ini? Yuk, simak sama-sama penjelasannya berikut ini.

Sumber: voices.com

Kelebihan Audiobook

Menyelesaikan buku memang membutuhkan waktu. Buat kamu yang suka membaca, pasti ada aja caranya menyelipkan membaca buku ke dalam rutinitas sehari-hari. Kalau sangat sibuk bagaimana? Misal kamu adalah orang tua yang memiliki anak atau lansia; perlu mengurus keluarga, rumah, sekaligus bekerja. Nah, dalam hal ini audiobook bisa jadi solusi untuk membantu menyelesaikan buku karena bisa didengarkan dengan fleksibel.

Selain itu ketika mendengarkan audiobook, ada special touch dari tiap narator yang membuat gaya berceritanya semakin menarik. Di sini peran narator dan pengisi suara sungguh besar karena mereka memainkan intonasi dan kecepatan membaca yang bisa membuat pendengar betah. Satu narator bisa mengeluarkan suara yang berbeda untuk membantu kita membayangkan suatu karakter, apalagi untuk cerita fiksi.

Satu hal lagi kelebihan yang dimiliki oleh audiobook ini, yaitu enggak perlu takut buku rusak/lecek/sobek karena audiobook tersimpan dengan aman di akun yang bisa diakses melalui aplikasi maupun browser.

Sumber: goodereader.com

Kekurangan Audiobook

Di balik kelebihannya, tentu audiobook juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk mengubah buku yang awalnya berupa buku fisik menjadi buku suara, jelas butuh usaha ekstra. Akibatnya, jumlah audiobook masih terbatas. Bahkan jika dibandingkan dengan buku fisik, jumlahnya sangat jauh lebih sedikit. Selain itu, harganya juga susah ditebak. Terkadang harga audiobook pada suatu browser bisa berubah.

Tak hanya itu, dalam audiobook kita tidak bisa menandai kalimat atau bagian buku yang menjadi poin penting. Biasanya, jika dalam buku fisik kita menandai buku dengan bulpoin atau memberi highlight dengan stabilo. Namun, di audiobook kita tidak bisa melakukannya. Sayang banget, kan?

 

Oke, itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan soal audiobook. Audiobook sebenarnya bukanlah hal yang baru. Meski memang belum terlalu populer di Indonesia, tetapi beberapa penerbit buku sudah ada yang menyediakan fasilitas ini. Yang jelas, audiobook adalah cara lain dalam menikmati bacaan buku yang berbentuk suara dan bisa dinikmati di mana pun kamu berada.

Namun, kalau kamu tetap lebih memilih baca buku fisik, tentu kamu akan lebih mudah mendapatkannya. Penerbit buku Malang dan penerbit lainnya masih memiliki banyak stok buku yang bisa kamu baca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.