Tahun baru semangat baru!

Pasti banyak dari kita menggemakan jargon tersebut saat awal tahun baru seperti sekarang ini. Memang tak dapat dimungkiri bahwa tahun baru banyak hal yang ingin kita capai. Maka dari itu, kita perlu semangat yang juga baru untuk mencapai itu semua. 

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa membuat kita bersemangat. Salah satunya adalah kutipan dari buku. Yap, kita biasa menyebutnya dengan quote. Kutipan dari buku-buku terbitan penerbit indie, seperti yang ada di penerbit buku Malang juga bisa kamu jadikan quote of the day, loh. Berikut ini ada tujuh kutipan buku versi Penerbit Litera Mediatama yang bisa menjadi penyemangatmu di awal tahun 2022 ini. Let’s check them out!

 

1. “Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau kerja sekadar bekerja, kera juga bekerja” (Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk-Hamka)

Kutipan di atas pasti sering kamu dengar, kan? Apalagi kamu yang sudah membaca novelnya. Dari kutipan tersebut mengartikan bahwa manusia memiliki akal yang bisa digunakan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan akal yang dimiliki, manusia dituntun untuk memiliki hidup yang lebih bermanfaat. Selain itu, dalam bekerja juga seharusnya tidak hanya melibatkan pikiran, tetapi juga perasaan. Harus tahu mana haknya dan mana yang bukan agar ketika bekerja tidak menyakiti juga merugikan orang lain. 

 

2. “Yang terpenting, bukanlah seberapa besar mimpi kalian, melainkan seberapa besar upaya kalian mewujudkan mimpi itu.” (Sang Pemimpi-Andrea Hirata)

Setuju banget dengan apa yang ditulis Andrea Hirata dalam novelnya Sang Pemimpi. Memang benar jika kita harus fokus pada mimpi-mimpi kita, tetapi lebih penting daripada itu kita juga harus fokus pada upaya yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Apalagi saat tahun baru seperti sekarang, semangat untuk meraih mimpi-mimpi yang belum terwujud di tahun sebelumnya pasti sangat membara, kan?

 

Sumber: limone.id

 

3. “Bagi saya, hidup terlalu singkat untuk dilewatkan dengan biasa-biasa saja.” (Perahu Kertas, Dewi Lestari)

Memang hidup akan terasa singkat jika kita melewatinya dengan hal-hal yang biasa. Beda lagi jika kita melewatinya dengan melakukan hal yang bermanfaat. Kita akan lebih menghargai waktu ketimbang melewatkannya dengan percuma. Jadi, di tahun baru ini semoga tidak ada hari yang terlewatkan begitu saja tanpa ada manfaatnya ya.

 

4. “Dan Tuhan memelihara ketidakpastian itu pada seluruh umat manusia agar manusia terus belajar, terus bermimpi dan ujung-ujungnya kita akan kembali pada-Nya.” (5 cm-Donny Dhirgantoro)

Ketika kita berusaha untuk meraih apa yang diinginkan, tetapi kita ragu akan kepastian berhasil atau tidaknya maka jangan khawatir. Kenapa? Karena dengan begitu kita tidak akan berhenti untuk terus belajar dan bermimpi. Akan tetapi, kita juga harus selalu ingat bahwa apa pun yang ada di dunia ini adalah miliki Tuhan yang Maha Esa. Jika kita kehilangan akan sesuatu maka terus ingat bahwa semua akan kembali kepada-Nya.

 

5. “Kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap?” (Winter in Tokyo-Ilana Tan)

Ketika kita berada dalam kegelapan, kita memang kerap kali takut. Kita tidak bisa melihat apa yang ada dan terjadi di sekitar kita. Akan tetapi, melalui kutipan Ilana Tan ini membuktikan bahwa gelap tidak selalu menakutkan. Ada hal lain yang bahkan hanya bisa kita lihat ketika kita berada dalam kegelapan, melihat kembang api, misalnya. Begitupun dengan keterpurukan. Kita tidak boleh terus tenggelam di dalamnya, pasti ada hal positif yang bisa kamu lihat dalam keterpurukan itu. Semoga di tahun baru ini jalan kita semakin terang dan bercahaya agar kita bisa terus melangkah menggapai apa yang diharapkan.

 

Sumber: pxhere.com

 

Itulah lima kutipan dari novel Indonesia yang bisa menjadi penyemangat di awal tahun 2022 ini. Tetap semangat dan jangan lupa membaca buku ya. Baca e-course kepenulisan juga boleh, kok. Semoga di tahun ini semakin banyak hal positif yang kita dapat dan ciptakan, seperti menulis untuk menciptakan satu juta warisan peradaban.

Selamat Tahun Baru dan Salam Literasi!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.