Buku adalah jendela dunia. Membaca buku bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai apa pun yang ada di dunia. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang gemar membaca buku, tak terkecuali Anda pastinya.

Nah, ternyata orang yang menyukai atau gemar membaca buku memiliki julukan bermacam-macam loh. Mungkin yang sering kita dengar adalah kutu buku atau yang dalam bahasa Inggrisnya, yaitu bookworm. Istilah kutu buku ini diambil karena adanya serangga sejenis kutu yang sangat suka berada dalam buku untuk memakan lembaran kertasnya.

Adapun istilah lain selain kutu buku, yaitu sebagai berikut.

  1. Bibliophile

Istilah bibliophile ini adalah istilah yang diperuntukkan untuk orang yang sangat mencintai buku. berbeda dengan kutu buku, bibliophile ini lebih ke mencintai hingga mengoleksi. Sementara seorang kutu buku ada yang hanya mencintai, tetapi tidak ingin mengoleksi.

  1. Logophile

Logophile adalah istilah untuk orang yang gemar terhadap kata-kata. Seorang logophile ini biasanya juga suka menulis. Mereka suka melampiaskan semua yang dirasakan ke dalam kata-kata yang indah. Oleh karena itu, mereka lebih cepat menguasai dan mengetahui kosakata baru.

  1. Tsundoku

Istilah tsundoku ini berasal dari bahasa Jepang. Julukan ini diberikan kepada orang-orang yang sangat suka membeli dan mengoleksi buku, tetapi tidak dibaca. Mereka menggunakan buku hanya untuk pajangan, tidak untuk dibaca.

  1. Bibliotaph

Buku yang kita beli dan baca biasanya akan kita jaga dengan baik. Niatan untuk tidak membagi atau meminjamkannya kepada orang lain pun pasti ada. Orang-orang yang seperti ini mendapat julukan bibliotaph, yaitu orang uang suka menyembunyikan buku-buku yang dikoleksinya agar tidak dipinjam dan diambil orang lain. Seorang bibliotaph ini merasa jika orang lain menyentuh buku miliknya maka bisa rusak atau hilang.

  1. Book-Bosomed

Orang yang gemar membawa buku ke mana pun ia pergi disebut book-bosomed. Ke mana pun ia pergi akan selalu ada buku bersamanya.

Nah, itulah julukan-julukan untuk orang yang menyukai buku. Dari daftar julukan di atas, apakah Anda menjadi salah satunya?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.