Untuk bisa menjadi penulis buku yang menarik dan selalu laris, Anda bisa memulainya dari mengunjungi toko buku. Di sana, Anda bisa melihat buku-buku yang menjadi best seller, buku yang sangat diminati oleh banyak pembaca. Melihat buku-buku tersebut pasti muncul dalam benak Anda bahwa suatu saat Anda ingin memiliki buku yang bisa berada dalam jajaran buku best seller itu.

Untuk bisa melahirkan buku yang best seller, tentu Anda memerlukan amunisi yang banyak dalam proses menulis. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa buku yang bisa Anda jadikan sebagai amunisi untuk menulis dengan benar.

  1. Writing Tools (Clark, 2006)

Writing is a craft you can learn. You need tools, not rules.” Itulah yang dikatakan oleh pengarang buku Writing Tools ini, Roy Peter Clark. Inilah yang kemudian menjadi alasan Clark untuk menerbitkan buku yang dapat membantu para penulis menjadi lebih mahir dan lancar dalam menulis. Meski bahasa pengantarnya bahasa Inggris, tetapi isi dari buku ini sangat bermanfaat. Clark menyusun strategi menulisnya ke dalam 50 poin sehingga dari sini Anda bisa mempelajari strategi-strategi tersebut untuk Anda terapkan dalam proses menulis.

  1. Mengarang itu Gampang (Arswendo, 2004)

Jika Anda ingin menulis sebuah tulisan fiksi, seperti novel maka buku ini wajib Anda baca. Pandangan mengenai mengarang itu sulit menjadi latar belakang dibuatnya buku ini. Berangkat dari hal tersebut, Arswendo kemudian mengumpulkan tips dan motivasi-motivasi dalam menulis. Salah satu kutipan dari buku Mengarang itu Gampang adalah, “Kreativitas berhubungan dengan nafsu. Menjadi pengarang harus memiliki nafsu untuk bisa bersikap kreatif.” Dari kutipan ini selain bakat, hasrat juga merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pengarang saat menulis.

  1. Creative Writing (Laksana, 2013)

Satu lagi buku yang bisa Anda gunakan sebagai amunisi untuk menulis tulisan fiksi. Buku Creative Writing karya A. S. Laksana ini berisi tips dan strategi menulis cerpen dan novel. Dalam edisi revisinya, buku ini menambahkan unsur lain dalam menulis, yaitu tentang bagaimana membuat adegan yang menarik. Selain itu juga dituliskan bagaimana menulis sudut penceritaan yang beragam. Dengan dilengkapi oleh contoh di setiap bagiannya membuat buku ini semakin bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

  1. Menulis Semudah Tersenyum (Siswanto dan MinG, 2020)

Pada dasarnya, menulis akan terasa mudah jika kita memiliki keterampilan dan teknis yang tepat dalam proses menulis. Hal ini terjawab dalam buku Menulis Semudah Tersenyum karya Prof. Wahyudi Siswanto dan David MinG. Buku yang telah terbit di tahun 2020 ini dilengkapi dengan tips dan contoh yang bisa Anda pahami dan terapkan langsung. Selain itu, dalam buku ini Anda akan menemukan apa saja yang perlu Anda lakukan mulai dari sebelum Anda menulis hingga setelah Anda menulis dan menerbitkan buku.

Itulah empat rekomendasi buku yang dapat And abaca dan terapkan selama proses menulis. Dari buku-buku tersebut harapannya Anda akan bisa menulis dengan baik hingga menciptakan buku yang best seller dan bisa menjadi legacy untuk Anda pribadi.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.