Pernahkan Anda menonton membaca Jurassic Park, Sphere, dan The Lost World? Ya, ketiga karya tersebut adalah beberapa karya terkenal dari Michael Crichton. Selain menjadi seorang penulis, Crichton juga menjadi sutradara film terkenal. Yuk, simak apa kata Crichton agar bisa menjadi penulis yang lebih baik?

  1. Buku tidak ditulis sekali jadi, mereka ditulis berulang-ulang

Dalam hal ini, Crichton yakin bahwa semua penulis pasti juga memikirkan hal yang sama mengenai ini. Untuk bisa menghasilkan buku yang baik maka penulis pasti melewati fase di mana buku itu adalah hasil ditulis ulang. Maksud ditulis ulang di sini, yaitu buku tidak bisa langsung jadi dengan satu kali tulis. Penulis pasti harus melewati tahap revisi, yang mana selama tahap revisi tersebut bisa saja penulis menambahkan atau mengurangi konten naskahnya. Inilah salah satu penyebab seorang penulis membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menghasilkan dan menerbitkan buku. Bahkan ada yang sampai butuh waktu bertahun-tahun.

  1. Rutin berolahraga untuk menyegarkan tubuh dan pikiran

Saat tubuh segar, pikiran pun ikut menjadi segar. Pikiran yang segar bisa melancarkan kita dalam menulis hingga menghasilkan karya yang luar biasa. Latihan menenangkan pikiran dan menjauhkan diri dari layar komputer atau ponsel sejenak juga bisa menciptakan lahirnya inspirasi baru. Crichton menyarankan bahwa setidaknya tiga puluh menit latihan ini dalam sehari.

  1. Inspirasi bisa datang saat menulis

Jangan takut tidak menemukan inspirasi! Inspirasi bisa hadir saat di tengah-tengah menulis. Oleh karena itu, teruslah menulis dalam keadaan apa pun, baik saat susah maupun sukses. Crichton mengatakan agar mencoba sebias mungkin untuk jatuh cinta dengan prosesnya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.