Karya ilmiah adalah suatu bentuk karya tulis hasil pemikiran penulis yang didasarkan pada fakta, peristiwa, dan gejala yang disampaikan secara akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. Karya ilmiah terdapat dua jenis, yaitu karya ilmiah murni dan karya ilmiah populer.

Karya ilmiah murni

Karya ilmiah murni adalah karya ilmiah yang disajikan secara sistematis, teoritis, dan bersifat ilmiah. Kajian yang ditulis di dalamnya meliputi hasil dari sebuah penelitian. Selain itu, dalam penulisan karya ilmiah murni perlu menggunakan beberapa variabel agar bisa mendapatkan sebuah kesimpulan akhir. Adapun ciri-ciri dari karya ilmiah murni adalah sebagai berikut.

  • Tema atau ide tulisan yang digunakan adalah sebuah permasalahan kehidupan yang pemecahannya dengan cara mengaplikasikan metode ilmiah sehingga kurang bisa menjangkau masyarakat awam.
  • Isi karya ilmiah murni ini bersifat spesifik, berkesinambungan, koheren, dan jujur.
  • Bahasa yang digunakan baku.
  • Cara penulisannya sistematis dan mematuhi kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah.
  • Cakupan bahasannya bab per bab.
Karya ilmiah populer

Karya ilmiah populer, yaitu karya ilmiah yang ditulis dengan menggunakan bahasa populer sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca dan lebih luwes, baik dari bahasa maupun isi kontennya. Berbeda dengan karya ilmiah murni yang menggunakan kaidah-kaidah kepenulisan karya ilmiah, karya ilmiah populer ini menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Adapun ciri-ciri dari karya ilmiah populer ini adalah sebagai berikut.

  • Tema tulisan yang diangkat berupa fakta objektif dan mengenai permasalahan yang berkaitan dengan masyarakat sekitar.
  • Bahasa yang digunakan lebih santai dan tidak baku sehingga mudah dipahami oleh pembaca yang awam sekalipun.
  • Cara penulisannya sistematis, tetapi tidak berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang mencakup bahasan bab per bab.

Itulah perbedaan antara karya ilmiah murni dengan karya ilmiah populer. Perbedaan yang paling menonjol antara kedua karya tersebut adalah dari segi bahasa yang digunakan. Karya ilmiah murni menggunakan bahasa baku dan sangat terikat dengan kaidah bahasa Indonesia resmi. Sementara karya ilmiah populer menggunakan bahasa yang lebih luwes dan santai sehingga mudah dipahami oleh masyarakat umum.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.