Tidak dipungkiri, setiap orang pastinya memiliki cara tersendiri untuk konsisten dalam menulis dan menjadi produktif, salah satunya ialah Stephen King. Stephen King adalah penulis yang terkenal dengan karya fiksi horornya. Ia telah melahirkan puluhan karya sastra. Tulisan-tulisannya yang berhasil membuat ketegangan sendiri pada para pembacanya berhasil diadaptasi ke dalam sejumlah film. Untuk aktif dan produktif dalam melahirkan karya sastra tentunya bukan hal yang mudah, ada trik yang dibuat sendiri oleh penulis untuk menyelesaikan tulisannya.

Bagaimana trik Stephen King?

  1. Membaca buku

Menulis merupakan kegiatan yang melibatkan pikiran. Beberapa hal yang terlintas di dalam pikiran atau apa yang telah terbayangkan di pikiran itulah yang akan menjadi bahan tulisan. Untuk segera menuliskan apa yang di mau oleh pikiran akan terasa sulit, apabila pembendaharaan kata yang dimiliki hanya sedikit. Jadi, cara yang tepat untuk memperkaya pembendaharaan kata ialah dengan banyak membaca. Luangkan waktu untuk membaca sebanyak-banyaknya agar dapat menulis banyak hal.

  1. Menulis setiap hari

Poin utama untuk menjadi produktif ialah meluangkan waktu. Buatlah jadwal untuk menulis di setiap harinya. Di waktu-waktu yang berjalan akan melahirkan ratusan kata. Waktu yang diluangkan merupakan harta setiap kata. Menulislah setiap hari apapun hasilnya. Ketika ada jadwal untuk menulis maka dalam waktu kurang lebih satu bulan tidak akan terasa tiba-tiba sudah menulis berlembar-lembar.

  1. Gunakan kata yang sederhana

Ketika menulis gunakanlah bahasa yang mudah dipahami. Tulislah kalimat-kalimat sederhana yang nantinya dapat dengan mudah diterjemahkan oleh pembaca. Seorang pembaca mendapatkan manfaat dari sebuah buku apabila ia paham dan dapat menerapkannya. Bahkan, seorang pembaca dapat jatuh cinta dengan isi buku apabila ia ikut larut di dalam cerita tersebut.

 

Nah! Itu dia 3 trik utama dari 20 aturan menulis ala Stephen King.

Bagaimana? Sudah siap menulis?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.