Menjadi orang tua memang tidak mudah. Saat memutuskan untuk memiliki momongan maka seseorang juga memutuskan untuk melahirkan generasi emas yang berbudi pekerti luhur. Tentu hal ini tidaklah mudah, terlebih kini banyak orang tua yang masih muda, yang minim akan pengetahuan baik mengenai parenting.

Jika kamu salah satu orang tua muda itu, jalan keluar untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membaca literasi yang mengusung tema parenting. Saat ini sudah banyak media apa pun yang menyediakan literasi mengenai parenting, bahkan buku-buku juga sudah banyak yang membahas.

Sudah tahu apa saja buku-buku tersebut? Berikut rangkuman 5 buku parenting yang bisa kamu gunakan jika kamu adalah seorang calon ayah dan bunda, atau sudah menjadi ayah dan bunda.

 

Ayah Bunda Berkisah Karya Kak Hadiyan

Sumber: Dokumen Litera

Sebagai umat muslim, mempunyai anak yang salih serta salihah pasti dambaan para orang tua, tak terkecuali kamu. Seperti embun pagi yang membasahi rerumputan, buku ini hadir dengan kisah-kisah para nabi dan rasul. Kisah-kisah tersebut dapat dijadikan acuan bagi kita, para orang tua yang ingin mendidik anak dengan cara yang lebih kreatif lagi. Dalam buku ini kamu juga akan mengetahui betapa penting peran orang tua dalam tumbuh kembang anak. Sudah siap mendidik anak melalui kumpulan kisah dalam buku ini?

Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay Karya Astrid W.E.N

Sumber: shopee.com

Ditulisa oleh terapis Theraplay, buku yang menguraikan metode Theraplay dalam menyelesaikan permasalahan parenting ini bisa banget loh bantu kamu yang memiliki si kecil dengan sikap pemalu atau terlalu aktif. Tidak perlu mainan yang banyak atau full 24 jam berada di sisinya, cukup luangkan waktu 30 menit setiap hari, pengasuhan ini akan membangun bonding penuh makna dan cinta antara orang tua dan anak.

Seni Bernegosiasi dengan Anak Karya Miarti Yoga

Sumber: shopee.com

Sikap anak memang kerap kali membuat kita pusing, apalagi jika anak rewel. Perlu strategi yang tepat untuk mendidik anak agar bisa terus menuai kebaikan dan mau mendengarkan apa yang kita ucapkan, terlebih ketika melakukan kegiatan. Buku ini akan membantu kamu untuk “menaklukkan” anak agar mau diajak bicara dengan baik, mendengarkan, mengikuti arahan, dan memahami apa yang kita mau tanpa perlu menaikkan suara. Pasti kita mau kan kalau anak-anak menjadi disiplin dalam melakukan kegiatan?

Prophetic Parenting Karya DR. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid

Sumber: tokko.io

Mendidik anak dengan cara dan konsep yang digunakan nabi memang hal yang wajib untuk kita teladani. Dengan hadirnya buku ini, kita bisa membentuk sisi psikis dan kecenderungan anak. Buku parenting Islami ini juga menyuguhkan nilai-nilai agama yang perlu ada dalam masa pertumbuhannya. Dengan begitu, kita sebagai orang tua akan merasa bangga jika suatu saat nanti anak bisa tumbuh dengan mengantongi nilai-nilai luhur para nabi.

Pemuda Bukan Remaja Karya Kiki Barkiah

Sumber: shopee.com

Proses menuju akil balig menjadi proses panjang yang perlu disiapkan oleh orang tua maupun anak. Mengapa perlu disiapkan? Karena jika tidak maka akan ada banyak pemuda yang terlambat dewasa dan belum siap memikul beban syariat saat sudah akil balig. Buku ini menyajikan konsep orang tua dalam mempersiapkan anak menuju masa akil balig. Pengalaman penulis dalam mengaplikasikan konsep ini juga diceritakan dalam bukunya, loh. Jika kamu memiliki anak yang sudah mau memasuki usia akil balig, boleh banget untuk membaca buku ini.

 

Buku-buku di atas bisa kamu baca bahkan sebelum kamu memiliki anak. Dengan membaca buku parenting sejak dini, kamu bisa mempersiapkan metode atau konsep mendidik anak versimu. Mari bersama-sama mendidik anak dengan menerapkan konsep yang baik dan tepat. Selain dari buku-buku di atas, kamu juga bisa loh mencari pengetahuan parenting dari beberapa e-course yang ada, di beberapa e-course kepenulisan pun ada.

Atau kamu mau menciptakan buku sendiri yang berangkat dari pengalaman parentingmu? Kenapa tidak? Berbagi ilmu dan pengetahuan kepada orang lain akan sangat berguna dan menjadi ladang amal tersendiri, loh. Tulis pengalaman parentingmu dan terbitkan. Penerbit buku Malang bisa menjadi jembatan untuk melahirkan bukumu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.