Coba ingat-ingat, kapan kali terakhir kamu menulis tangan hingga satu halaman kertas? Pasti sudah lama ya?

Sumber: freepik.com

Memang, teknologi yang serba digital kini membuat perubahan dan memberi banyak kemudahan dalam kehidupan kita. Misalnya saja kebutuhan menulis tangan yang sudah semakin tergantikan oleh kemudahan mengetik di gadget, laptop, maupun komputer. Mengetik memang lebih praktis, tetapi tahukah kamu kalau menulis tangan itu lebih banyak manfaatnya bagi tubuh, apalagi otak yang sayang untuk dilewatkan. Simak manfaatnya dalam artikel ini.

Mengasah Kemampuan Motorik

Menurut Eduard Gentaz, profesor bidang psikologi di Universitas Genewa menjelaskan bahwa menulis tangan langsung merupakan aktivitas rumit yang membutuhkan banyak keterampilan. Pasalnya seseorang yang akan menulis tangan harus mempelajari step by step untuk bisa menulis. Mulai dari cara memegang pensil yang benar, cara menulis tiap huruf, hingga membuat tulisan yang bisa terbaca oleh orang lain. Kalau menggunakan keyboard sudah pasti tulisan akan mudah dibaca, kan? Berbeda dengan tulisan yang menggunakan tangan langsung. Benar, bukan?

Dengan belajar mengenal dan menulis huruf demi huruf serta kata demi kata akan membuat otak mengingat lebih lama akibat kesan visual yang ditinggalkan selama proses menulis. Inilah yang membuat kemampuan motorik otak menjadi lebih terasah.

Mengungkapkan Perasaan

Dengan mengungkapkan apa yang ada dalam hati dan pikiran malalui sebuah tulisan maka dapat membuat otak menjadi rileks karena tidak ada lagi beban. Sebagian orang menyetujui hal ini bahwa menulis merupakan cara ampuh untuk mengungkapkan perasaan atas segala hal yang sedang dialami sehingga dapat menurunkan tekanan darah, stres, dan gejala depresi. Dengan mencurahkan perasaan ini kita jadi mengalami peningkatan suasana hati dan kesejahteraan.

Sumber: pixabay.com

Mempercepat Tidur

Memang tidak dapat dimungkiri kalau menulis itu adalah sebuah proses yang melelahkan dan lambat. Nah, untuk kamu yang punya kebiasaan sulit tidur, kamu bisa coba untuk menulis sebelum tidur. Menurut studi “Applied Psychology: Healthy and Wellbeing”, menghabiskan waktu 15 menit untuk menulis di malam hari tentang segala hal yang disyukuri bisa membuat kualitas tidur lebih baik dan lebih lama. Akibat dari kelelahan ini bisa jadi tubuh akan lebih mudah untuk terlelap. Ingin coba?

 

Nah, dari pemaparan di atas, kegiatan menulis menggunakan tangan langsung memiliki manfaat yang lebih daripada sekadar mengetik. Akan tetapi, hal ini juga tidak mengartikan kalau kamu tidak boleh mengetik. Sesekali, lakukan kegiatan menulis dengan tangan langsung untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang tersebut di atas, apalagi untuk kamu yang bekerja di jasa menulis buku yang kesehariannya mengetik naskah.

Kamu bisa loh bercerita dan menuliskan hal-hal yang kamu lakukan dalam sehari ke buku harian, bagaimana kisah perjalanan hidupmu hingga kamu bisa meraih kesuksesan nanti. Pasti saat kamu sukses nanti, ketika kembali membaca buku harian itu kamu akan merasa bernostalgia dan me-recharge semangatmu lagi. Bahkan berangkat dari tulisan-tulisan di buku harian ini kamu bisa menjadikannya sebuah buku loh, buku tentang kisah suksesmu. Lalu tinggal hubungi penerbit buku deh untuk menerbitkan bukumu, penerbit buku malang misalnya.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.