Ada berapa banyak buku yang belum sempat kamu habiskan atau tidak sampai tamat bacanya?

Pasti kamu pernah kan, membaca buku yang tidak sampai habis atau tamat? Bukan tanpa alasan, ternyata tidak menyelesaikan membaca buku yang sedang dibaca disebabkan oleh beberapa faktor. Tiga alasan berikut adalah alasan yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.

Adanya Distraksi

Membaca memang butuh konsentrasi penuh. Saat fokus membaca buku kemudian tiba-tiba ada sesuatu yang datang mengganggu aktivitas membacamu maka konsentrasi pun sulit didapatkan kembali. Distraksi ini banyak macamnya, entah itu dari keluarga, teman, rekan kerja yang tiba-tiba bertanya mengenai pekerjaan di saat hari libur, atau distraksi dari notifikasi media sosial yang tidak bisa kamu lewatkan.

Sumber: roomme.id

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencari tempat yang lebih tenang dari kebisingan. Usahakan untuk menyendiri. Dengan begitu, kamu akan memiliki konsentrasi membaca. Memilih waktu yang memungkinkan tidak ada kebisingan juga bisa loh kamu pertimbangkan.

Memilih Buku yang Kurang Disukai

Terkadang kita membaca buku tidak selalu sesuai dengan apa yang kita mau. Kebutuhan pekerjaan atau tugas yang mengharuskan membaca buku membuat kita mau tidak mau membaca buku yang terkait. Ini bisa jadi hambatan bagimu untuk terus melanjutkan membaca karena buku yang sedang dibaca kurang atau tidak kamu minati.

Akan tetapi, jika kamu ingin menambah wawasan dan pengalaman baru, membaca buku yang kurang kamu minati itu tetap bisa dicoba, loh.

Tidak Menggunakan Metode Skimming

Metode skimming adalah metode atau teknik membaca cepat untuk menemukan gagasan atau ide pokok dari bacaan. Membaca keseluruhan buku memang butuh waktu yang lama dan kadang membosankan. Maka dari itu, coba gunakan metode skimming supaya kamu bisa menyelesaikan bacaanmu segera.

Sumber: hellosehat.com

Tiga alasan di atas kerap dialami oleh banyak orang, mungkin tak terkecuali kamu. Alasan-alasan tersebut masih bisa diatasi, loh.

Kalau kamu bosan membaca buku fisik, kamu bisa loh sesekali membaca e-book. Kamu bisa menemukannya di beberapa e-course kepenulisan. Namun, jika kamu masih ingin membaca buku fisik, kamu bisa upgrade bacaanmu dengan membeli buku-buku terbaru di penerbitan sekitarmu, penerbit buku Malang, misalnya.

Yuk, lanjutkan membaca buku!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.