Di era sekarang ini, ada banyak bisnis-bisnis baru yang telah dibuka. Para pengusaha semakin bersaing dengan inovasi dan kolaborasi yang diberikan. Kebanyakan para pengusaha memulai usahanya dari hobi yang dicintai.

Nah, kalau semisal kamu memiliki hobi membaca buku ataupun mengoleksi buku, kamu bisa loh merintis usaha toko buku. Hobi yang kamu tekuni ini bisa dijadikan sumber uang. Caranya gimana? Ikuti langkah-langkah ini!

 

Tentukan keunikan toko

Langkah awal ketika memulai usaha tentunya perlu melakukan riset terlebih dahulu. Carilah keunikan dan hal-hal yang berbeda dengan toko buku lainnya. Mungkin kamu bisa melihat dari sisi interior ataupun sistem penjualannya.

Siapkan modal awal

Konsep toko sudah ditentukan, saatnya kamu menghitung dana yang dibutuhkan. Memulai sebuah usaha memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkannya sejak dini.

Cari tempat strategis

Pilihlah lokasi toko yang sesuai target pasar. Mengapa demikian? Karena hal ini akan menarik banyak pembeli yang membutuhkan buku di tokomu. Satu lagi, jangan mencari lokasi yang banyak pesaingnya, ya!

Perbanyak relasi

Dalam membuka sebuah bisnis, relasi sangat memengaruhi. Semakin banyak relasi maka semakin banyak yang mengetahui tokomu. Kamu perlu membangun relasi yang berhubungan dengan toko bukumu, misalnya bergabung di komunitas Trainer Menulis, Gerakan Pemuda Membaca, dan lain-lain.

Buat promosi

Pada saat tokomu akan dibuka maupun saat dibuka jangan lupa untuk terus mengadakan sebuah promosi ya. Masa promosi ini sangat penting karena masyarakat luas akan mulai mencari tahu dan datang ke tokomu. Tidak ada salahnya juga apabila banyak membuat program diskon, loh. Siapa sih yang gak suka diskon, pasti banyak yang melirik toko bukumu karena diskon yang kamu buat.

Bangun value

Setiap bisnis pasti memiliki value masing-masing. Ada visi dan misi yang perlu dikembangkan, tentunya butuh konsistensi dan komitmen semua orang yang terlibat di dalamnya. Kuatkan value itu untuk dikenal banyak orang dan membuatnya tertarik.

 

Oke, sudah selesai. Itu tadi langkah-langkah sederhana untuk mewujudkan bisnis toko bukumu. Sekarang, kamu sudah terbayangkan apa saja yang akan kamu lakukan, kan? Segera mulai, jangan ditunda!

Kamu juga perlu mengingat bahwa kunci penting dalam sebuah bisnis adalah relasi. Jadi, jangan bosan untuk melebarkan relasimu, ya. Saat ini kamu bisa memulainya dengan bergabung dalam komunitas buku ataupun sebuah pelatihan menulis seperti Book Writing Camp untuk menambah relasi.

Semangat mewujudkan impian!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.