Sumber: Instagram/@indra.sugiarto

Menurutmu, menulis itu susah atau gampang sih? Kalau menulis pesan teks WhatsApp pastinya lebih gampang, ya. Kalau menulis sebuah buku, susah atau gampang, hayo?

Yang menjawab “susah”, emangnya sudah pernah mencoba menulis berapa kali? Buku yang kamu tulis selesai gak? Nah, coba deh kali ini kamu terapkan tips menulis dari penulis hebat, Indra Sugiarto. Siapa tahu tips ini bisa membuatmu kembali bersemangat dalam menyelesaikan tulisanmu. Simak, yuk!

 

Lompati Batasan Diri

Tidak ada yang menyangka bahwa penulis Indra Sugiarto merupakan lulusan dari Institut Pertanian Bogor. Indra sangat populer di kalangan anak-anak milenial karena Indra telah menemani mereka berjuang menuju universitas. Gak hanya menjadi seorang penulis, Indra juga merupakan founder dan CEO @masukkampus.

Buku yang ditulis dan konten-konten yang dibagikan di media sosial merupakan suntikan semangat untuk anak-anak milenial. Ia percaya bahwa lika-liku proses perjuangan dan keteguhan hati dalam meraih impian, membuatnya mampu melompati batasan diri hingga menjadi sekarang ini. Proses perjuangannya tersebut diceritakan dalam karya-karyanya.

Pertama dalam karyanya yang berjudul Tumbuh dari Luka, Indra Sugiarto mengajak pembaca untuk terus berpikir positif dengan segala impian yang ingin diraih. Dilanjutkan dengan buku Teman Berjuang, ia mengajak pembaca untuk berani bermimpi besar. Benar-benar penulis yang menemani para milenial untuk berjuang, dengan menyalurkan energi positif melalui buku-buku yang ditulis.

 

Tulis Sejujur-Jujurnya

Ketika menulis, tulislah sejujur-jujurnya tentang apa yang akan kamu bicarakan. Bukan hanya dari segi pengetahuanmu saja, tetapi juga apa yang kamu rasakan. Percayalah bahwa setiap cerita memiliki kesan tersendiri bagi pembacanya.

Ketika berani untuk menyampaikan dengan jujur dan tanpa dibuat-buat maka secara alami rasa itu akan sampai kepada pembaca. Bisa jadi tulisanmu dapat memotivasi seseorang, atau bahkan membuat perubahan dalam dirinya.

Sumber: workshop.masukkampus.com

Lihat berbagai perspektif

Kamu harus melihat dari berbagai sisi sebelum menuliskan sesuatu. Jangan membuat pembaca harus mengikuti standar pribadimu dalam berpikir maupun bertindak. Ini poin paling pentingnya!

Bagi Indra Sugiarto, setiap orang memiliki tantangan hidup berbagai macam. Suatu hal yang menurutmu mudah, bukan berarti bagi yang lainnya juga mudah. Jadi, tanamkan itu ketika kamu menulis.

 

Nah, itu dia dua prinsip penting ketika menulis dari Indra Sugiarto. Yuk, latih terus skill menulismu. Siapa tahu kamu menjadi penulis hebat selanjutnya. Atau mungkin kamu juga melebarkan sayap membuka jasa ghostwriter.

Saat ini banyak loh peluang yang bisa kamu dapatkan. Berkat menulis pula, kamu bisa bergabung di berbagai komunitas keren seperti Jasa Ghostwriter Malang, Komunitas Penulis Indonesia, dan sebagainya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.