Sumber: reddit.com

Menjadi seseorang yang kreatif tidak bisa terjadi begitu saja. Perlu latihan dan tentunya meluangkan banyak waktu. Apalagi jika kamu ingin mendalami dunia kreativitas penulisan.

Ketika memiliki kesibukan dengan waktu yang padat, kamu bisa loh memanfaatkan mengikuti e-course kepenulisan. Tentunya kamu harus pintar menata jadwal juga, ya. Gimana caranya? BuJo bisa menjadi jawabannya.

Apa itu BuJo? Yuk, kenalan!

 

BuJo Si Ruang Inspirasi Efektif

BuJo atau singkatan dari bullet journal dikenalkan pertama kali oleh Ryder Carroll. Mengutip dari harpersbazaar.co.id, BuJo merupakan metode yang dirancang untuk menjadi ruang inspirasional serta mendorong produktivitas, kepositifan, dan kreativitas. BuJo sangat efektif dijadikan wadah untuk menampung segala informasi yang kamu butuhkan.

Kamu pastinya paham bahwa otak kita perlu menerima bantuan untuk merekam banyak hal. Nah, BuJo ini salah satu bantuan yang paling sederhana dan mudah. Dengan adanya BuJo, kamu bisa dengan mudah mengatur jadwal sehari-hari, mencatat ide, membuat rencana ke depan, dll.

Karena dalam pembuatan BuJo kamu harus menulis dengan tanganmu sendiri maka otomatis akan lebih tinggi daya ingatnya. Meskipun di gawaimu juga ada fitur Notes, tetapi sangat berbeda ketika kamu menulisnya sendiri dengan tangan. Kamu boleh membuktikannya!

Kenapa Harus Membuat BuJo?

BuJo adalah wadah terbaik untuk menuangkan segala rencanamu. Kamu harus tahu manfaat yang diberikan oleh BuJo. Apa aja sih kira-kira?

  1. Aktivitas tertata

Sumber: Pinterest/artisthue.com

Sudah banyak yang membuktikan bahwa BuJo membuat hari-hari lebih tertata. Mengapa demikian? Karena di setiap bulan per harinya mereka sudah menentukan aktivitas apa saja yang akan dilakukan. Hal ini tentunya membuat jadwal tidak saling bertabrakan dan kamu enjoy menjalaninya.

  1. Lebih produktif

Ketika menentukan jadwal di awal dengan rapi maka kamu bisa menyelesaikan tugas atau rencana dengan tepat waktu. BuJo membantumu untuk membuat jangka waktu sendiri dalam menyelesaikan tugas atau rencana yang banyak itu. Kamu juga bisa menambah aktivitas baru di waktu-waktu kosong ketika membuat BuJo.

  1. Bahan evaluasi

Membuat BuJo mulai dari per bulan hingga per tahun sangat membantumu untuk mengevaluasi diri. Mulai dari rencana, pengeluaran, atau aktivitas apa saja yang terlewatkan, kamu bisa memperbaikinya. Tidak dapat dimungkiri bahwa kamu perlu pengingat untuk segala kegiatan yang telah lalu.

  1. Mengasah kreativitas

Sumber: Pinterest/myinnercreative.com

Tampilan BuJo yang menarik pasti secara tidak langsung membuatmu terpacu untuk membuatnya lebih bagus lagi. Meskipun misalnya kamu tidak bakat menggambar, tapi justru BuJo memotivasimu untuk belajar menggambar. Semakin keren tampilan BuJo maka semakin membuatmu bersemangat.

  1. Ekspresi diri

Dalam hidup, pastinya kamu memiliki banyak keinginan yang ingin dicapai. Namun, kamu juga harus bisa membedakan antara yang kamu ingin dan butuh. Melalui BuJo, kamu bisa menulis semua keinginan dan kebutuhanmu kemudian memilahnya. Sebuah langkah praktis untuk membantumu megekspresikan diri dan kemauanmu tanpa khawatir.

 

Nah, itu dia BuJo. Sudah kenal, kan? Sekarang saatnya untuk mengaplikasikannya. Kamu harus merasakan sendiri manfaat BuJo saat membantumu.

Kalaupun nantinya memang ada beberapa aktivitas tambahan yang membuatmu susah fokus mengasah tulisan, sedangkan kamu ingin membuat sebuah buku, kamu bisa kok meminta bantuan jasa menulis buku karena ada banyak cara untuk menjadi produktif.

Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.