Sumber: pinterest/theespressoedition.com

Membaca merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan rutin bagi sebagian orang. Biasanya membaca buku dilakukan ketika di waktu senggang, atau bahkan sudah ada jadwal khususnya. Apalagi bagi para pekerja yang bergelut dalam bidang jasa menulis buku ya, sepertinya membaca buku sudah menjadi makanan sehari-hari.

Kalau kamu, kapan biasanya waktu untuk membaca buku?

Orang-orang yang sibuk sepertinya lebih efektif jika membaca buku di malam hari, ya. Kamu tahu gak sih kalau membaca buku sebelum tidur itu bagus untuk kesehatan? Kok bisa? Yuk, intip manfaatnya!

 

Tidur lebih nyenyak

Aktivitas seharian penuh terkadang membuat seseorang jarang memiliki kualitas tidur yang baik. Dilansir dari adminpublik.uma, mengatakan bahwa membaca buku sebelum tidur seolah memberi sinyal kepada tubuh untuk beristirahat. Membaca buku selama kurang lebih selama 5—15 menit akan merelaksasikan tubuh dan membuatmu tidur nyenyak.

Rasa stres berkurang

Ketika di malam hari, kebanyakan rasa overthinking itu akan menghampiri. Nah, membaca buku sebelum tidur adalah pilihan yang tepat. Pikiranmu akan teralihkan dengan deretan kalimat di dalam buku. Dari situlah rasa stresmu akan berkurang.

Fungsi otak meningkat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa membaca buku akan menambah wawasan. Namun, membacanya sebelum tidur akan membuat otakmu semakin aktif karena otak akan diajak memahami pembahasan yang ada di dalam buku. Imajinasi dan kreativitas juga akan lebih berkembang karena otak lebih fokus dalam mencerna penerimaan bahasa.

Memori ingatan menajam

Membaca merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik dan mental. Karena di malam hari keaktifan otak lebih fokus maka daya ingat manusia akan meningkat. Maka dari itu, pilihlah bacaan yang memang kamu suka agar membaca tidak menjadi aktivitas yang membosankan.

Penggunaan gawai berkurang

Zaman sekarang, aktivitas manusia tidak jauh-jauh dari gawai. Dalam hal ini alangkah lebih baik bila dibiasakan untuk membaca buku sebelum tidur. Mengapa? Agar mata beristirahat sejenak dari sinar radiasi karena seharian penuh menatap layar gawai.

Kosakata bertambah

Ketika membaca sebuah buku, secara tidak langsung kosakata yang kamu miliki akan bertambah. Ada kata ataupun kalimat baru yang mungkin baru kamu ketahui. Hal-hal baru ini akan menancap di ingatanmu ketika tidur, yang mana artinya wawasanmu pun bertambah.

 

Nah, itu tadi beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan apabila membangun rutinitas baru dengan membaca buku sebelum tidur. Semakin banyak bacaanmu maka semakin banyak pula kosakata dan pengetahuan yang dimiliki. Manfaatkan hal ini untuk menulis buku dan bekerja sama dengan para penerbit buku, seperti Penerbit Buku Malang yang selalu mengajak para penulis baru untuk terus berkarya.

Selamat mencoba!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.