Sumber: Cussons Kids Indonesia

 

Tahukah kamu, sel saraf otak (neuron) anak akan bekerja dengan mekanisme yang optimal apabila distimulus oleh informasi secara tepat? Salah satu cara mendapatkan informasi tersebut, yaitu dengan membaca. Maka dari itu, mengenalkan kebiasaan membaca kepada anak sejak dini bisa memberikan dampak positif dalam tumbuh kembangnya, termasuk meningkatkan kecerdasan.

 

Namun, belum semua orang tahu bagaimana memilih buku bacaan yang tepat bagi anak agar bisa mendukung kinerja otaknya secara maksimal sesuai tahapan usia. Nah, berikut ada beberapa tips untuk memilih bacaan yang sesuai bagi anak. Yuk, simak di bawah ini!

 

Pilihlah Kategori Bacaan Sesuai Usia Anak

Orang tua perlu mengerti tahapan perkembangan usia anak, termasuk kapasitas mereka dalam menerima informasi dari sekitar. Hal ini penting dipahami agar orang tua tidak salah ketika memilih bacaan untuk anak. Misalnya, anak usia dua tahun yang seharusnya perlu dikenalkan dengan buku bacaan full color malah diberi novel. Tidak masalah apabila ada kasus khusus di mana intelektual anak berkembang lebih pesat sehingga merasa bosan dengan bacaan bergambar. Namun, lebih baik anak tetap dikenalkan dengan buku-buku sesuai fase usianya.

 

Pertimbangkan Kemampuan Membaca Anak

Setiap anak mengalami perkembangan kognitif dan psikomotorik yang berbeda-beda. Maka dari itu, tak hanya mempertimbangkan usia saja, untuk memilih buku juga perlu melihat sejauh mana kemampuan membaca anak. Bagi anak yang masih baru mulai membaca, pilihlah buku-buku yang tipis dengan ukuran font cukup besar. Tujuannya agar anak tidak mudah bosan ketika membaca.

 

Utamakan Memilih Buku dengan Banyak Gambar

Sumber: lpmpjatim.kemdikbud.go.id

 

Anak-anak lebih senang melihat objek penuh warna alih-alih monoton. Apalagi jika berkaitan dengan buku, anak akan lebih tertarik membaca jika buku tersebut banyak memuat gambar-gambar berwarna. Dari gambar itu pula anak bisa menerka bagaimana jalan cerita yang disajikan. Jadi sembari belajar membaca, kemampuan psikis anak dalam mengenali beragam objek juga akan berkembang.

 

Kenalkan Buku yang Memuat Pesan Moral

Buku bisa menjadi media paling efektif untuk menyampaikan pesan moral kepada anak. Kenalkan anak pada buku-buku yang mengandung nilai kebaikan, biasanya berbalut dongeng seperti fabel, mite, sage, dan sebagainya. Hal ini karena anak akan lebih mudah menangkap pesan moral jika dibersamai dengan cerita yang ada tokoh dan alurnya. Orang tua tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak buku cerita anak dari penerbit buku Malang maupun penerbit lain yang mengemas nilai-nilai kehidupan dalam bentuk dongeng.

 

Sesuaikan Buku dengan Minat Bacaan Anak

Setiap anak memiliki selera bacaan yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan kisah fabel tentang binatang, ada juga yang lebih suka cerita tentang putri kerajaan. Orang tua hendaknya menyesuaikan bacaan yang dipilih dengan selera anak. Jangan sampai orang tua memaksakan genre tertentu untuk dibaca, padahal sebenarnya anak tidak suka dengan buku tersebut. Biarkan anak menentukan sendiri bacaannya dan merupakan tugas orang tualah untuk memenuhi apa yang dibutuhkan anak.

Sumber: Mybest.id

 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memilih buku bacaan yang tepat bagi anak. Tips di atas juga memberikan insight baru jika kamu ingin menjadi penulis buku anak. Dengan referensi yang beragam dan mengikuti e-course kepenulisan yang tepat, kamu pasti bisa menjadi penulis buku anak yang excellent.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping