Sumber: liputan6.com

 

Kata merupakah satuan bahasa yang terdiri dari satu huruf hingga lebih yang memiliki makna tersendiri. Lantas, pernahkah kamu menemui kata yang memiliki banyak huruf? Berapa huruf dalam kata yang kamu temui itu?

Kalau kata-kata di bawah ini pasti jarang atau belum pernah kamu temui. Simak, yuk!

  1. Floccinaucinihilipilification

Kata yang terdiri dari 29 huruf ini menurut dictionary.com, memiliki arti perkiraan tentang sesuatu yang tidak berharga. Kalau kamu sedang memikirkan hal-hal yang tidak berharga di dunia ini, itu artinya kamu sedang floccinaucinihilipilification. Hayo, bisa seberapa cepat nih kamu bacanya?

  1. Pseudopseudohypoparathyroidism

Meski memiliki 30 huruf, kamu bisa loh menyingkat kata ini, yaitu dengan menulis atau mengucapkan PPHP. Dilangsir dari rarediseases.info.nih.gov, pseudopseudohypoparathyroidism menggambarkan kondisi bawaan seseorang yang menyebabkan perawakan pendek, wajah bulat, dan tulang tangan pendek.

  1. Heksakosioiheksekontaheksafobia

Kata ini adalah kata terpanjang dalam bahasa Indonesia yang terdiri dari 31 huruf. Kata ini memiliki arti fobia terhadap angka 666. Kalau kamu disuruh pilih, mending ngomong heksakosioiheksekontaheksafobia atau fobia angka 666, nih?

  1. Supercalifragilisticexpialidocious

Kata ini biasanya digunakan atau ditujukan untuk anak-anak yang merasa tidak masuk akal untuk menyatakan persetujuan. Dengan kata lain, kata yang terdiri dari 34 huruf ini digunakan untuk mengungkapkan suatu hal yang sangat menakjubkan. Ternyata kata ini ada dalam lagu pada film Mary Poppins (1964), loh.

  1. Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanokoniosis

Kata pneumonoultramicroscopicsilicovolcanokoniosis adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris. Kata ini memiliki arti penyakit paru-paru kronis yang diakibatkan oleh penghirupan silikat halus dan debu kuarsa. Kata yang terdiri dari 45 huruf ini bisa kamu temui dalam Oxford English Dictionary, loh.

  1. Aequeosalinocalcalinoceraceoaluminosocupreovitriol

Dilangsir dari haggardhawks.com, aequeosalinocalcalinoceraceoaluminosocupreovitriol adalah sebutan untuk mendeskripsikan sebuah tempat pemandian yang terletak di Bath, Inggris. Kata ini diciptakan oleh Edward Strother yang merupakan seorang fisikawan. Kata tersebut ternyata gabungan dari beberapa kata yang menggambarkan benda-benda di sana. Menurut the Guinness Book of Records, kata ini terdiri dari 52 huruf. Pantas saja panjang, ternyata gabungan dari beberapa kata.

Sumber: haggardhawks.com

  1. Spårvagnsaktiebolagsskensmutsskjutarefackföreningspersonalbeklädnadsmagasinsförrådsförvaltarens

Kata yang terdiri dari 95 karakter ini berasal dari Swedia. Kata ini digunakan untuk menyebutkan manajer stasiun yang memasok seragam pegawai di suatu perusahaan trem. Bagaimana, apa kamu bisa membacanya?

 

Itulah tujuh kata yang termasuk dalam kata terpanjang di dunia. Sebenarnya, masih ada kata-kata panjang lainnya. Kira-kira, kata mana yang pernah kamu jumpai? Mungkin dari bahan e-course kepenulisan yang kamu ikuti pernah menyebutkan kata-kata di atas?

Jika kamu baru tahu tentang kata terpanjang di atas dan berniat untuk menyelipkannya dalam buku barumu nanti, jangan lupa untuk menjelaskan artinya, ya! Kamu juga bisa berkoordinasi dengan penerbit buku yang ada di kotamu, seperti penerbit buku Malang akan hal itu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.