Sumber: suaramerdeka.com

 

Menjadi seorang guru itu mudah. Ya, mudah, bila kamu bisa memahami para siswamu dengan baik. Di zaman modern ini, sudah tak zaman lagi guru yang berpenampilan sangar dengan penggaris kayu besar yang senantiasa ditenteng di tangannya. Guru yang dicintai justru adalah guru yang juga mau merangkul dan memahami siswanya. 

Lalu, bagaimana cara agar bisa menjadi guru yang demikian? Berikut rekomendasi buku yang dapat kamu baca untuk membantumu menjadi guru masa kini. Apakah dari buku-buku berikut ada yang dari penerbit buku favoritmu?

 

Menanam Karakter Menuai Budi (2021)

Buku ini ditulis oleh Helwiya dengan tebal 200 sekian halaman. Buku ini bercerita tentang karakter, tetapi bukan karakter siswa, melainkan karakter yang harus dimiliki oleh guru. Dalam buku ini, istilah guru, digugu dan ditiru, kembali didengungkan. Dengan demikian, bila ingin melahirkan siswa-siswa yang hebat dan berkarakter maka sang guru juga harus hebat dan berkarakter terlebih dahulu. Buku ini dapat dibaca dari calon guru hingga guru senior sekalipun. 

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

 

Integrated Experiental Learning (2020)

Buku ini ditulis oleh Dicky Ardiansyah Budiman, seorang fasilitator di Sekolah Alam Cikeas. Buku ini merupakan solusi untuk permasalahan pendidikan, seperti siswa yang lambat mengikuti pelajaran dan metode kuno dalam proses pembelajaran. Melalui buku ini, kita akan menemukan cara yang mudah untuk menggali berbagai macam aktivitas belajar sehingga pengalaman belajar pun menjadi mengesankan dan siswa termotivasi untuk belajar dengan baik.

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

 

Guru Lintas Generasi (2022)

Buku ini ditulis oleh Sutarman dengan tebal 200 sekian halaman. Guru Lintas Generasi bercerita tentang perjuangan batin seorang guru muda hingga menjadi guru kolonial yang terpaksa mengajar terbatas oleh layar laptop ketika pandemi melanda dunia. Hal menarik lainnya yang dapat kamu temukan dalam buku ini adalah berbagai informasi seputar sekolah, baik administrasi, teknis, pola manajemen, hingga perbedaan pemimpin yang juga membawa perbedaan pada sekolah.

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

 

Sokola Rimba (2013)

Buku ini ditulis oleh Butet Manurung, seorang antropolog dan pecinta alam. Memang, Butet bukan seorang guru. Lalu, mengapa buku ini menjadi rekomendasi yang baik untuk dibaca para guru? Alasannya karena buku ini berkisah tentang catatan harian Butet selama mengajar Orang Rimba, suku nomaden yang tinggal di hutan wilayah Jambi. Dari buku Sokola Rimba ini kita dapat belajar bahwa setiap orang berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak. 

Sumber: blog.cabaca.id

Mengapa Perlu Menjadi Guru Profesional? (2021)

Buku ini ditulis oleh Rusmala Nainggolan dan Sari Rahmawati dengan tebal 300 sekian halaman. Sesuai dengan judulnya, Mengapa Perlu Menjadi Guru Profesional?, buku ini memaparkan strategi-strategi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kompetensimu menjadi seorang guru. Melalui guru yang hebat, tentu siswa luar biasa akan mampu terbentuk. Buku ini juga dilengkapi dengan contoh kasus, kisah, bahkan hasil wawancara yang dapat menjadi bahan refleksimu sebagai seorang guru maupun tambahan wawasan bagi kamu, para calon guru.

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

 

Itulah lima rekomendasi buku untuk para guru, maupun calon guru. Apakah kamu sudah membaca semuanya? Sebagian besar penulis buku-buku di atas juga adalah seorang guru, lho. Memang, akan menjadi nilai tambah yang sangat baik bagi seorang guru bila juga menerbitkan sebuah buku. Apalagi bila buku tersebut berhubungan dengan profesi sebagai seorang guru. 

Apakah kamu juga tertarik untuk mulai menulis? Tak perlu khawatir bila merasa sibuk atau tak punya waktu, kamu bisa mencari jasa menulis buku yang dapat membantumu menuntaskan karyamu meski berada di tengah kesibukan yang sangat padat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.