Menulis adalah salah satu cara untuk menyalurkan berbagai pendapat, ide, dan pikiran yang bisa menginspirasi orang lain. Terlihat mudah, tetapi kenyataannya tidak semudah itu, lho! Tidak semua orang bisa dan gemar menulis dengan baik. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang hobi menuangkan isi pikiran dengan menulis, berikut ini adalah beberapa rekomendasi profesi untuk kamu yang gemar menulis, agar hobi kamu bisa menghasilkan uang.

Jurnalis

Keseharian seorang jurnalis biasanya sangat dekat dengan pemberitaan isu-isu yang ada di masyarakat. Nah, tugas jurnalis di sini sangat kompleks, mulai dari mencari isu terkini, meliputnya, menuliskan script beritanya, dan menyebarluaskan berita tersebut. Seorang jurnalis harus memiliki kemampuan menulis yang baik untuk menulis sebuah berita yang menarik, aktual, dan dapat diterima masyarakat.

Sumber: grid.id

Editor

Kalau kamu pernah memperhatikan bagian kredit di awal sebuah buku, kamu pasti tidak asing dengan kata editor yang dituliskan di sana. Yups, seorang editor memiliki tanggung jawab untuk menyarankan perbaikan-perbaikan untuk sebuah naskah yang ditulis oleh seorang penulis hingga naskah tersebut siap untuk dipublikasikan. 

Sumber: scribemedia.com

Ghostwriter

Ghostwriter? Penulis hantu? Jangan takut dulu. Istilah ini digunakan untuk orang yang menulis untuk kepentingan dan atas nama orang lain, seperti public figure atau politikus. Namamu memang tidak akan disebutkan sebagai penulis naskah tersebut, tetapi kompensasi yang kamu dapatkan juga akan setimpal. Kalau kamu tertarik dengan pekerjaan ini, kamu bisa membuka jasa ghostwriter-mu sendiri atau menawarkan jasamu ke instansi dan orang-orang yang membutuhkan jasamu.

Sumber: kompas.com

Reviewer

Suka menulis sekaligus membaca buku? Kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang reviewer atau pengulas. Melalui platform blog, media sosial, atau YouTube, kamu bisa memaparkan ulasan dan opini kamu terhadap buku-buku yang sudah kamu baca. Kalau platform yang kamu gunakan sudah besar, kamu bisa mendapat penghasilan dari ads/iklan yang dipasang orang-orang melalui platform kamu.

Sumber: gettyimages.com

Penerjemah

Pekerjaan yang satu ini tentu harus didampingi dengan kemampuan berbahasa asing yang baik. Seorang penerjemah biasa bergerak di bidang-bidang seperti penerbitan, pendidikan, hukum, kesehatan, dan politik. Jika kamu memilih untuk menjadi seorang penerjemah, tentunya kamu harus memiliki kemampuan berbahasa dan menulis yang baik agar tidak ada kata-kata yang salah diartikan oleh pembaca atau audiens.

Sumber: berkarir.id

 

Seru, bukan, kalau hobi kamu bisa dijadikan pekerjaan yang menghasilkan? Selain mengerjakan hal yang memang kamu sukai, kamu juga bisa mendapatkan uang. Masih bingung dengan profesi yang harus kamu pilih? Kamu bisa mempertimbangkan untuk menghubungi jasa ghostwriter Malang atau penerbit yang sedang membuka lowongan. 

Nah, tunggu apa lagi? Saatnya untuk melebarkan hobi menulismu menjadi sebuah profesi!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.