Sumber: edukasi.kompas.com

 

Menjadi penulis terkenal tentu menjadi impian setiap penulis. Selain buku yang tersebar ke mana-mana, menjadi penulis terkenal dapat melambungkan nama kita. Kita pun dikenal banyak orang di sekitar kita, bahkan sampai ke mancanegara. Apalagi, jika ada yang  sampai terinspirasi dan ingin menjadi sosok penulis karena kita, tentu akan sangat membahagiakan. Hal-hal tersebut bukan hanya impian semata, lho, bagi para penulis ini. 

Siapa saja mereka? Simak di bawah ini!

 

Ahmad Tohari

Sumber: belbuk.com

Ahmad Tohari adalah penulis kelahiran Banyumas, Cilacap, pada 13 Juni 1948. Salah satu karyanya yang begitu terkenal hingga diangkat menjadi sebuah film adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk yang difilmkan dengan judul Sang Penari. Karya Ahmad Tohari lainnya yang juga terkenal adalah Kubah, Bekisar Merah, dan Orang-Orang Proyek. Karya-karya Ahmad Tohari telah diterjemahkan dalam bahasa Jepang, Tionghoa, Belanda, dan Jerman. Beliau juga memperoleh penghargaan Hadiah Sastra Asean, SEA Write Award pada tahun 1995, dan Hadiah Sastra Rancage pada tahun 2007.

 

Andrea Hirata

Sumber: brilio.net

Andrea Hirata, lahir pada tanggal 24 Oktober 1967 di Belitung. Karya-karyanya yang terkenal antara lain Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Kaprov, dan Laskar Pelangi yang bahkan telah melambungkan namanya serta tersebar hingga ke 20 negara asing di dunia. Hingga saat ini, Andrea Hirata telah memperoleh penghargaan sebagai pemenang kategori fiksi dalam Festival Buku New York 2013 dan memperoleh gelar kehormatan Doctor of Letters (Hon DLitt) dari University of Warwick, Inggris, tahun 2015.

 

Nh. Dini

Sumber: biz.kompas.com

Tak hanya pria, sosok penulis wanita asal Indonesia pun ada yang terkenal hingga ke mancanegara. Nurhayati Sri Hardini namanya, atau yang lebih dikenal sebagai Nh. Dini. Sosok yang terkenal sebagai penulis feminis ini lahir di Semarang pada 19 Februari 1936. Semasa hidupnya, Nh, Dini telah menuliskan puluhan karya dan beberapa di antaranya telah diterjemahkan ke bahasa asing, salah satunya adalah Pada Sebuah Kapal. Nh. Dini juga pernah meraih penghargaan SEA Write Award di bidang sastra.

 

Mochtar Lubis

Sumber: brilio.net

Mochtar Lubis adalah sosok penulis sekaligus jurnalis asal Padang, Sumatera Barat yang lahir pada 7 Maret 1922. Setidaknya, lebih dari 10 buku yang telah Mochtar Lubis tulis dan beberapa di antaranya yang terkenal adalah Tidak Ada Esok, Jalan Tak Ada Ujung, Senja di Jakarta, dan Tanah Gersang. Karya Mochtar Lubis bahkan ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Semasa hidupnya, penghargaan yang pernah diraih Mochar Lubis adalah Ramon Magsaysay Award tahun 1950 dan World Association of Newspaper’s Golden Pen of Freedom Award tahun 1967.

 

Ayu Utami

 

Sumber: kultural.id 

Penulis wanita Indonesia lainnya yang juga terkenal hingga ke luar negeri adalah Ayu Utami. Ayu Utami dilahirkan di Bogor pada 21 November 1968. Hingga saat ini, terdapat 10 novel dan kumpulan esai yang telah ditulisnya. Salah satu karyanya yang begitu terkenal di Indonesia hingga mancanegara adalah Saman, bahkan, novel Saman ini berhasil membuat Ayu Utami menjadi peraih Prince Claus Award dari Belanda pada tahun 2000 lalu. 

 

Itulah lima penulis Indonesia yang juga terkenal hingga mancanegara. Para penulis ini pasti tak kebingungan ingin menerbitkan bukunya di mana, bahkan mungkin berbagai penerbit, seperti penerbit buku Malang justru berlomba-lomba agar bisa menerbitkan buku para penulis di atas. 

Wah, menakjubkan bukan. Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi seorang penulis seperti para penulis itu? Jika, iya, segera mulai langkah pertamamu untuk menulis. Jika masih kesulitan kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan menulis di sekitarmu. Jika masalahnya adalah waktu, maka kamu bisa mencari jasa menulis buku di sekitarmu. 

Ayo, jangan buang-buang waktu lagi, segeralah terbitkan karyamu sendiri!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.