Judul buku adalah salah satu hal yang diperhatikan oleh pembaca. Ketika memilih sebuah buku, pembaca akan mencari referensi judul buku yang sesuai dengan yang diinginkan. Alangkah lebih baiknya apabila judul buku dibuat lebih spesifik agar pembaca bisa memilihnya sebagai referensi. Judul buku yang lebih spesifik tentunya akan membuat buku tersebut jatuh tepat sasaran

Nah, bagaimana cara membuat judul buku agar lebih spesifik? Yuk simak!

  1. Pembaca

Saat akan menulis sebuah buku, berarti Anda sudah menentukan target pembaca, bukan? Hal yang paling mudah untuk membuat judul buku adalah spesifikkanlah judul buku Anda kepada target pembaca. Buatlah judul yang mengacu kepada sasaran target Anda dan kategori buku yang Anda tulis.

Contoh :

Kiat Menulis Cerita Anak-Anak untuk Penulis Pemula (target pembacanya adalah penulis pemula kategori buku anak-anak)

  1. Waktu

Manusia pada dasarnya menyukai hal-hal yang cepat untuk segera dipelajari ataupun dipraktikkan. Pembaca akan tertarik kepada sebuah judul buku yang membuatnya untuk cepat bisa. Jadi, spesifikan buku Anda kepada target waktu yang telah Anda rencanakan untuk membuat pembaca bisa melakukan hal yang sesuai tulisan Anda.

Contoh :

Cara Menulis Cerita dalam 7 Hari (waktu)

  1. Jumlah

Menulis buku adalah memberikan ilmu dan manfaat kepada orang lain. Anda tentunya ingin menuliskan buku yang dapat memudahkan seseorang dalam melakukan suatu hal. Cara yang tepat untuk membuat judul buku Anda spesifik yakni dengan memberikan jumlah tips atau cara yang telah Anda tetapkan di buku yang Anda tulis.

Contoh :

12 Cara Menulis Cerita (jumlah)

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.