Saat menulis, tentu Anda membutuhkan referensi untuk menambah atau mendukung tulisan Anda. Referensi ini bisa didapatkan dari jurnal atau artikel. Biasanya, jurnal-jurnal yang sering digunakan adalah jurnal internasional. Jurnal-jurnal internasional ini dirasa mutakhir dan Anda pun memiiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Kini, jurnal-jurnal ini pun juga mudah diakses secara online. Berikut beberapa rekomendasi situs jurnal internasional yang bisa Anda akses dan gunakan untuk menjadi referensi menulis.

1. Microsoft Academic

Jurnal yang tersedia dalam Microsoft Academic adalah jurnal-jurnal yang berbahasa Inggris dan Indonesia. Anda dapat mengakses situs ini dan mengetik kata kunci yang ingin dicari. Situs ini juga menyediakan filter pencarian sesuai dengan yang Anda pilih. Anda bisa mencari jurnal berdasarkan author dan date range untuk mengerucutkan tahun terbit jurnal.

2. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Situs Directory of Open Access Journals (DOAJ) berisi direktori jurnal dan artikel ilmiah dengan akses terbuka. Sejak dirilis tahun 2003, telah tersedia 11.000 jurnal dari 127 negara. Situs ini juga menyimpan lebih dari empat juta artikel.

3. ResearchGate

Situs ini adalah platform media sosial yang digunakan untuk para peneliti yang juga menyediakan forum diskusi. Situs ini biasa digunakan oleh mahasiswa S-1 dan S-2 untuk mencari referensi jurnal karya ilmiah. Akan tetapi, untuk mengakses beberapa jurnal diperlukan izin akses atau request ke penulisnya terlebih dahulu.

4. Google scholar

Situs jurnal milik perusahaan Google ini menyediakan ratusan jurnal ilmiah yang beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal internasional. jenis karya ilmiah yang disediakan juga beragam, mulai dari tesis, jurnal, dan ebook. Situs ini dapat diakses secara gratis.

5. Science Direct

Science Direct adalah situs penyedia jurnal internasional yang berbayar. Anda perlu membayar biaya akses agar dapat mengakses jurnal-jurnal yang ada di dalam situs tersebut.

6. edu

Para peneliti andal maupu penulis tentu sudah mengetahui situs Academia.edu ini. untuk mengunduh jurnal dari situs ini, Anda perlu membuat akun atau menyinkronkannya dengan akun Google atau Facebook Anda.

Itulah rekomendasi beberapa jurnal yang bisa Anda akses untuk menambah referensi saat menulis. Sekarang sudah ada gambaran kan kalau mengalami writer’s block atau tiba-tiba berhenti menulis karena kekurangan bahan? Yuk, tetap semangat dalam menulis.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.