Sidney Sheldon adalah penulis Amerika yang telah berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dalam tiga bidang kariernya, yaitu sebagai penulis skenario TV dan film, penulis drama Broadway, dan novelis yang terkenal. Setelah memutuskan berkarier menjadi seorang penulis skenario untuk televisi dan film, Sidney Sheldon telah melahirkan ratusan skrip dan puluhan skenario film.

Sukses menjadi penulis skenario, Sidney kemudian mulai mencoba menulis novel. Atas bakat yang dimilikinya dalam menulis, Sidney menjadi novelis yang namanya telah masuk dalam Guinness Book of Records sebagai “Penulis yang Karyanya Paling Banyak Diterjemahkan di Dunia”. Beberapa karya TV yang paling terkenalnya, yaitu I Dream of Jeannie (1965-1970) dan The Patty Duke Show (1963-1966). Kemudian, ketika berusia 50 tahun, beberapa novelnya yang laris adalah Master of the Game (19820, The Other Side of Midnight (1973), dan Rage of Angels (1980).

Dari karya-karya besar yang dihasilkannya, pasti Sidney telah melewati beragam kendala saat menulis. Oleh karena itu, Sidney memiliki beberapa tips yang ia gunakan saat menulis.

1. Tulislah apa yang diketahui, lakukan riset bila perlu

Sidney Sheldon tidak akan menulis apa yang tidak diketahuinya. Misalnya, dalam menulis novel berjudul Windmills of The Mind yang menceritakan tentang kisah CIA, ia secara pribadi bertemu dengan narasumber yang pernah berkecimpung di CIA, yaitu Richard Helms. Richard merupakan mantan anggotan CIA. Dengan bertemu mantan anggota CIA tersebut, Sidney menggali informasi yang dapat mendukung karakter untuk bukunya. Jika ingin menulis mengenai suatu persoalan, Sidney juga akan menelitinya terlebih dahulu.

 

2. Miliki cara menulis yang disukai

Saat menulis sebuah novel, Sidney tidak memulainya dengan sebuah plot, tetapi dengan sebuah karakter. Sidney mencoba untuk menuliskan karakter tokoh-tokoh yang akan ada dalam ceritanya. Setelah selesai menuliskan karakternya, Sidney kembali lagi ke halaman pertama untuk kembali menulis ulang secara lengkap. Ia menambahkan alur yang sesuai dengan karkater tokoh yang ditulisnya. Biasanya, waktu yang dihabiskan Sidney untuk bisa menulis sebuah novel, yaitu selama satu hingga dua tahun sebelum diberikan ke penerbit.

 

3. Terus menulis tanpa menghiraukan orang lain

Dalam suatu wawancara dengan CNN, Sidney pernah berpesan, “Jangan dengarkan orang-orang yang mencoba untuk mengecilkan hatimu. Tidak ada yang bisa menghentikanmu kecuali dirimu sendiri.” Dari perkataannya tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang penulis tidak boleh larut dalam kritikan atau omongan orang lain sehingga penulis harus terus menulis hingga bisa menghasilkan sebuah karya.

Itulah beberapa tips dari Sidney Sheldon yang sangat bisa untuk Anda lakukan. Tunggu apa lagi untuk mulai menulis? Yuk, menulis sekarang!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.