Public relationship atau yang lebih dikenal dengan PR memang menjadi profesi yang menjanjikan sekaligus menantang. Hampir di semua perusahaan maupun organisasi memiliki bidang atau divisi ini. Akibat fungsi, manfaat, dan jobdesk yang dilakukan, profesi ini menjadi kian popular.

Profesi public relation adalah profesi dalam bidang komunikasi yang melakukan usaha untuk membangun dan mempertahankan timbal balik antara perusahaan dengan masyarakat secara terus menerus dan terencana. Masyrakat dalam hal ini dapat diartikan sebagai klien atau pihak lain yang menjalin hubungan dengan suatu perusahaan. Oleh karena itu, profesi ini juga disebut sebagai divisi humas (hubungan kemasyarakatan).

Seseorang yang berprofesi sebagai public relation harus membangun interaksi dengan publik atau pihak luar sehingga dapat menciptakan opini baik publik, menanamkan pengertian, memberikan persepsi, menumbukan motivasi, dan menciptakan partisipasi publik terhadap perusahaan atau organisasi yang dinaunginya. Profesi ini memiliki tujuan untuk saling menguntungkan, baik pihak perusahaan itu sendiri maupun pihak luar.

Tugas public relation dituntut untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, khususnya dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Terjalinnya hubungan yang baik ini dapat meningkatkan citra atau reputasi perusahaan khususnya mengenai produk yang diterbitkan. Dengan demikian, seorang public relation harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif agar tercapai tujuan perusahaan.

Nah, sekarang Anda sudah mendapatkan gambaran kan mengenai apa itu profesi public relation? Jika Anda adalah tipikal orang yang senang dengan dunia komunikasi maka profesi ini sangat boleh untuk dicoba.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.