Salam Pramuka!

Selamat Hari Pramuka, untuk semua praja muda karana.

Siapa nih yang dulu sering bolos waktu ada ekstrakulikulerPramuka? Hayo, ngaku. Berbicara tentang pramuka, tanggal14 Agustus telah ditetapkan sebagai peringatan Hari Pramukadi seluruh dunia.

Nah, dalam dunia pramuka kamu pasti kenal dong denganyang namanya Buku Saku Pramuka. Ya, buku ini merupakan buku panduan mengenai metode untuk melakukan kegiatan kepramukaan.

Sumber: tokopedia.com

Akan tetapi, tahukah kamu kalau Buku Saku Pramuka itu bukan buku induk dalam dunia pramuka? Lantas, adakah buku yang mendasari lahirnya Buku Saku Pramuka ini? Jawabannya, tentu ada. Simak penjelasannya berikut ini.

Kira-Kira, Siapa yang Menulis Buku Pramuka?

Jauh sebelum adanya Buku Saku Pramuka, dasar-dasar pramuka telah dituangkan ke dalam buku Scouting For Boys yang ditulis oleh Bapak Pramuka, yaitu Lord Robert Baden Powell Gilwell, atau biasa dikenal dengan Baden Powell. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Baden Powell ketika bergabung dengan militer Inggris. Awalnya, beliau menerbitkan pengalaman itu dengan judul Aids to Scoutingyang terbit pada tahun 1899 dan dikhususkan untuk para militer.

Sumber: panturanews.com

Seiring berjalannya waktu, ternyata buku tersebut menarik banyak antusiasme yang besar dari masyarakat. Hingga akhirnya William Alexander Smith menyarankan buku tersebut ditulis ulang agar bisa dinikmati oleh para remaja yang tidak berasal dari militer. Baden Powell pun setuju dan merevisinya berkali-kali hingga hadir buku dengan kemasan baru berjudul Scouting For Boys. Dari buku ini, lahirlah gerakan pramuka. Gerakan ini terus dikembangkan Baden Powell hingga dikenal di seluruh dunia dan buku ini menjadi dasar untuk kegiatan pramuka sampai saat ini.

Apa Saja Isi Buku Scouting For Boys Itu?

Di dalam buku Scouting For Boys berisi tentang seluk-beluk kegiatan kepramukaan yang dibagi menjadi 9 bab. Mulai dari kegiatan berkemah, bersahabat dengan alam, cara bertahan hidup, menjaga imunitas tubuh, juga mengenai budi pekerti. Baden Powell memberikan ilmunya ke dalam buku Scouting For Boys dan sampai saat ini ilmu-ilmunya itu masih dipakai. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini terus dikembangkan hinggamelahirkan banyak kreativitas bahkan komunitas sampai saat ini.

Salah satu contohnya adalah kegiatan pionering, sebuah permainan menyatukan tali dan tongkat. Pionering yang dulunya hanya berbentuk kaki tiga, sekarang sudah dimodifikasi dengan berbagai macam bentuk. Tongkat dan tali bisa dibentuk menjadi robot atau menyerupai bentuk hewan.

Melalui buku ini, Baden Powell menekankan untuk menguatkan karakter masing-masing individu dari kegiatan pramuka, terlebih mengenai moral. Baden Powell juga mengajarkan kita bahwa pengalaman yang dipunya dapat menjadi pembelajaran atau ilmu baru bagi orang lain. Jadi, apakah kamu terinspirasi untuk menceritakan pengalamanmu?

Sekarang kamu sudah tahu dasar dari Buku Saku Pramuka, kan?

Sebagaimana yang kita tahu, buku-buku yang terbit di setiap tahunnya pasti memiliki dasar ilmu. Dasar keilmuan inilah yang terus dikembangkan dan lahir dari setiap sudut pandang masing-masing orang. Bagaimana mereka bisa menerbitkan sebuah buku? Mereka bekerja sama dengan penerbit buku. Saat ini di Indonesia sudah banyak penerbit buku, bahkan adaloh penerbit buku murah. Kamu bisa berkenalan dan menjalin kerja sama untuk menerbitkan bukumu denganmereka.

Yang kamu harus tahu juga, berkat buku Scouting For Boys, saat ini di seluruh bagian dunia sudah memiliki buku saku masing-masing yang disesuaikan dengan ketentuan danbahasa mereka.  Artinya, dari satu buku bisa melahirkan banyak buku. Yuk menulis, kamu juga bisa loh melahirkan sebuah buku yang nantinya bisa mendunia.

Pasti di antara kalian ada yang bertanya-tanya, “Tapi bagaimana cara melahirkan sebuah buku jika tidak ada waktu untuk menulisnya?” Tenang, kamu bisa mencari penerbit buku yang juga memberikan jasa menulis buku. Tidak perlu khawatir, meskipun kamu sibuk, kamu tetap bisa menerbitkan sebuah buku dengan bantuan penerbit buku.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.