Meskipun sudah sering menulis, tetapi Anda juga masih bisa mengalami writer’s block dan tentunya Anda harus mengetahui cara mengatasi writer’s block ini. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja ketika tiba-tiba Anda merasa kesulitan untuk menuliskan sesuatu. Bisa juga dikatakan sebagai kondisi stuck saat proses menulis.

Ada berbagai tanda yang muncul ketika Anda mengalami writer’s block ini, seperti merasa kehilangan ide untuk menulis, sulit untuk mulai menulis, dan perasan takut dikritik oleh orang lain. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda terlalu perfeksionis dengan ide yang sudah muncul di kepala sehingga membuat kemudian lebih mudah untuk mengalami writer’s block. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya dengan baik.

Mencoba Menulis Dengan Orang Lain

Jika Anda mudah bosan saat sedang menulis maka cobalah untuk menulis bersama dengan orang lain. Nantinya selama proses menulis Anda bisa menyelinginya dengan obrolan-obrolan ringan. Meskipun menulis bersama ini bukan dalam artian berkolaborasi, tetapi hanya menulis bersama di satu tempat. Anda juga bisa melakukan diskusi jika mengalami kesulitan di tengah jalan. Namun memang harus dipastikan bahwa rekan tersebut memang sudah cocok frekuensi pemikirannya dengan Anda.

Menulis Apa Pun Dalam Pikiran

Cobalah untuk meluangkan waktu setidaknya 10-15 menit untuk menulis bebas. Ini merupakan cara mengatasi writer’s block yang cukup membantu. Anda hanya perlu menuliskan apa pun yang ada dalam pikiran secara bebas. Coba untuk bebaskan pikiran Anda dan menangkap ide apa pun yang terlintas dalam pikiran. Cara ini juga akan membantu untuk memberikan ruang pada kata-kata baru yang bisa digunakan pada naskah yang saat ini sedang dikerjakan.

Mengambil Waktu Istirahat

Kondisi writer’s block ini bisa terjadi mungkin karena Anda sedang merasa jenuh dengan rutinitas yang selalu dilakukan sehari-hari. Jadi ambillah waktu istirahat untuk sejenak, Anda bisa berlibur atau sekadar bersantai saat istirahat tersebut. Jika Anda memaksakan untuk menulis justru akan membuat kualitas tulisan menjadi tidak optimal. Maka Anda harus menjaga tingkat fokus, meskipun dalam menulis tidak harus selalu bergantung pada mood yang sedang bagus atau tidak.

Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga bisa membantu untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks dan mengeluarkan hormon kebahagiaan. Sehingga Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga ringan di rumah untuk menenangkan pikiran dan mengilangkan rasa jenuh saat menulis. Agar Anda tidak sampai mengalami writer’s block maka jadwalkan untuk melalukan olahraga ringan setiap harinya. Sehingga Anda bisa menyelesaikan naskah dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Penting bagi Anda untuk menghindari sebisa mungkin terjadinya writer’s block. Dengan begitu proses menulis juga akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja baik penulis pemula maupun yang sudah lebih berpengalaman. Jadi mengaplikasikan cara mengatasi writer’s block akan menyelamatkan naskah Anda dari keterlambatan karena masalah ide yang stuck.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.