Ketika Anda menulis biografi orang lain maka ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Apalagi jika memang Anda tidak bisa mewawancarai secara langsung tokohnya sebagai sumber informasi utamanya. Ada kondisi ketika harus menuliskan sebuah biografi hanya dengan bermodalkan foto kenangan dari tokoh tersebut.

Memang pada dasarnya foto kenangan bisa dijadikan sebagai sumber informasi untuk menulis biografi. Bermodalkan foto kenangan ini maka Anda bisa mendapatkan gambaran nyata tentang tokoh tersebut dari foto yang Anda dapatkan. Jadi nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa menuliskan biografi berdasarkan fakta yang ada.

Perhatikan Secara Detail Modal Foto Kenangannya

Anda harus memperhatikan dan mendalami foto kenangan dari tokoh yang akan dituliskan. Jika tokoh yang akan dituliskan sudah meninggal maka Anda bisa menelusuri orang-orang yang ada di foto kenangan tersebut. Namun harus dipastikan bahwa Anda menuliskan informasi yang ada di dalamnya dengan objektif. Sehingga nantinya memberikan informasi yang tepat untuk para pembaca.

Foto kenangan ini bisa menjadi modal dasar yang menguntungkan, tetapi memang Anda membutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Ingat bahwa untuk bisa menulis biografi orang lain haruslah berdasarkan fakta. Sehingga Anda harus mencari informasi sedetail mungkin untuk dituliskan dalam karya tersebut.

Materi yang Harus Ada Dalam Biografi

Sudah tentu informasi pribadi dasar dari tokoh tersebut yang harus dituliskan dengan baik. Cerita hidup yang menarik dari tokoh tersebut juga harus ditampilkan dengan baik. Informasi lainnya yang harus ada, yaitu cerita yang menarik hingga pemikiran khusus yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Sehingga nantinya tulisan Anda juga bisa memberikan inspirasi sesuai dengan pemikiran tokoh yang dituliskan biografinya yang luar biasa.

Melibatkan Sudut Pandang Orang Ketiga

Untuk penulisan biografi bagi orang lain maka Anda harus menggunakan sudut pandang orang ketiga. Sehingga dengan adanya kondisi ini Anda memang harus lebih banyak melakukan riset tentang tokoh tersebut sedalam mungkin. Riset ini bisa dilakukan melalui wawancara dengan orang-orang yang ada di sekitar tokohnya. Sehingga Anda bisa menggali informasi lebih dalam. Dari foto kenangan yang and amiliki maka bisa ditelusuri yang kemungkinan memiliki hubungan dekat dan masih hidup untuk diwawancara.

Kekuatan dari materi yang Anda dapatkan sebagai modal menulis biografi dari foto kenangan adalah riset dan wawancara. Anda juga harus bisa memperhatikan ekspresi, gaya berbusana, hingga berbagai detail tokoh yang tergambar dalam foto kenangan yang Anda gunakan. Sehingga Anda menggambarkan dengan baik saat menulis biografi orang lain hanya berdasarkan foto kenangannya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.