Setelah impian Anda untuk memiliki buku hasil tulisan sendiri tentunya akan sangat menyenangkan dan membanggakan, tahap selanjutnya yang harus diperhatikan adalah teknik memasarkan buku indie. Apa pun produk dan jenis bukunya perlu teknik pemasaran yang optimal agar penjualannya juga mencapai harapan Anda.

 

Untuk itu tidak bisa sembarangan dalam melakukan pemasaran buku ini karena setiap tekniknya akan memberikan manfaatnya masing-masing untuk penjualan buku Anda. Maka Anda harus memanfaatkan setiap media yang bisa digunakan untuk melakukan langkah promosi dan pemasaran secara tepat.

 

Menentukan Target Pasar Buku Anda

Target buku ini tentu saja adalah poin penting yang harus sudah Anda ketahui sejak awal menulis buku. Jadi nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan media yang tepat untuk mencapai target pasar tersebut. Tentunya ini adalah langkah yang sangat memudahkan karena Anda tidak perlu terlalu sulit untuk melakukan langkah menjaring pembeli jika sudah tahu media atau tempat adanya target potensial tersebut.

 

Memanfaatkan Berbagai Media Sosial

Media sosial adalah tempat yang paling tepat untuk dimanfaatkan dengan baik apalagi di masa digitalisasi seperti sekarang ini. Jadi Anda harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Tentu saja setiap media sosial punya metode sendiri yang bisa digunakan untuk mendapatkan perhatian dari target konsumen Anda. Maka promosi yang optimal harus dilakukan di berbagai media sosial sebagai cara untuk memasarkan buku indie yang paling tepat.

 

Melakukan Trik Penjualan

Ada berbagai trik penjualan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan pembeli lebih banyak dan buku tersebut bisa memberikan manfaat secara lebih luas. Salah satu trik yang bisa digunakan adalah membuka masa pre order penjualan buku dengan menawarkan harga yang lebih murah dari aslinya. Tentu ini akan sangat menarik bagi para calon pembeli karena menguntungkan bagi mereka. Tentu saja Anda harus memperhitungkan dengan baik penentuan harga yang tepat agar tidak sampai terjadi kesalahan yang merugikan nantinya.

 

Menawarkan Bonus Menguntungkan

Anda bisa menambahkan keuntungan yang didapatkan pembaca dari buku ini selain ilmu atau ide yang ada di dalamnya. Misalnya saja bagi seorang trainer bisa memberikan bonus atau diskon training atau bisa juga dengan menyelipkan barcode di dalam buku yang terhubung dengan informasi tambahan lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat buku Anda memiliki nilai yang lebih tinggi dan menguntungkan untuk para pembaca nantinya.

 

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan penjualan buku yang diterbitkan secara indie. Jangan khawatir meskipun menerbitkan buku secara indie, jika dilakukan secara tepat maka penjualannya juga bisa sangat melesat. Sehingga pastikan Anda sudah mengetahui cara untuk memasarkan buku indie yang paling tepat dan memaksimalkan angka penjualannya.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.