Banyak orang yang menulis buku untuk dimanfaatkan sebagai personal branding. Hal tersebut tidak salah untuk dilakukan, tetapi membangun branding pada diri sendiri sebelum menulis buku ternyata juga tidak kalah penting. Hal ini tentunya dilakukan untuk memaksimalkan proses penjualan buku karena calon pembaca sudah mengenal Anda dan tertarik untuk membaca buku yang Anda tulis tentunya.

 

Tidak ada salahnya jika Anda membangun branding pada diri sebelum menulis buku. Sehingga nantinya setelah buku tersebut terbit dan dipasarkan, branding yang dibangun juga akan menjadi semakin berkembang. Sehingga keduanya akan sangat menguntungkan untuk karier Anda terutama dalam dunia menulis. Tentu ada trik yang bisa dilakukan untuk bisa membangun branding yang tepat pada diri Anda untuk dikenal lebih banyak orang.

Menentukan Tujuan Personal Branding

 

Anda harus mengetahui dengan baik tujuan dari membangun branding tersebut. Misalnya ingin dikenal dan memberikan inspirasi dalam bidang tertentu yang Anda kuasai. Mungkin bisa juga untuk alasan membangun karier sebagai trainer, coach, atau lainnya yang memang membutuhkan branding diri yang optimal. Dalam menentukan tujuan ini Anda juga bisa sekaligus menentukan citra yang ingin dibangun untuk dikenal orang banyak.

 

Merencanakan dan Membangun Konten Anda

 

Konten menjadi bagian dari proses membangun personal branding yang sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform yang ada saat ini untuk membuat dan membagikan konten untuk menarik perhatian banyak orang. Tentunya konten yang dibuat juga harus menyesuaikan dengan tujuan serta citra yang ingin Anda bangun. Sehingga dukungannya akan menjadi lebih optimal untuk mencapai tujuan Anda saat membangun branding untuk diri sendiri. Konten yang dibuat juga harus direncanakan sebaik mungkin agar nantinya cukup berkualitas untuk dilihat atau dibaca orang lain.

 

Konsisten dan Disiplin

 

Tidak ada sesuatu yang bisa didapatkan atau diraih dengan cara yang instan. Tentunya membutuhkan waktu dan usaha yang lebih keras untuk bisa mencapai tujuan utama Anda. Maka Anda harus konsisten dalam melakukan berbagai upaya saat membangun personal branding yang baik. Jangan menyerah untuk terus belajar dan membuat konten yang semakin baik lagi. Meskipun respons yang didapatkan belum sesuai dengan harapan, tetapi Anda harus terus berusaha dan mendisiplinkan diri untuk melakukan berbagai perkembangan yang perlu dilakukan.

 

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut dan memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan branding untuk diri sendiri maka Anda akan lebih mudah untuk membangun citra ini dengan baik. Setelah personal branding dimiliki maka kemudian penjualan buku bisa dilakukan dengan optimal dan Anda lebih dikenal untuk memberikan manfaat lebih banyak kepada lingkup yang juga jauh lebih besar. Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.