Impian untuk menjadi seorang penulis tidak akan terwujud tanpa sebuah action maka Anda juga perlu memahami beberapa catatan untuk penulis pemula. Catatan ini tentu saja menjadi bagian dari perjuangan Anda untuk mewujudkan impian tersebut. Akan selalu ada tantangan yang harus dihadapi, tetapi tidak perlu khawatir asalkan Anda memiliki tekad yang kuat dan pegangan tepat untuk mengembangkan kemampuan menulis.

 

Terus bersemangat dan tidak berhenti menulis adalah hal yang harus Anda lakukan. Pada dasarnya kemampuan menulis bukanlah sesuatu yang berawal dari bakat saja, tetapi juga kemauan untuk terus mengembangkan diri dan kemampuan di bidang ini. Jadi Anda yang merasa tidak memiliki bakat menulis jangan dulu menyerah karena kemampuan ini bisa dipelajari dan dikembangkan.

 

Tidak Perlu Terburu-Buru

 

Salah satu catatan penting untuk penulis pemula adalah tidak perlu terburu-buru dalam melalui setiap tahap yang ada. Mulai dari perencanaan konsep, membuat timeline, hingga proses menulis tidak perlu dilakukan terlalu terburu-buru. Namun Anda tetap membutuhkan deadline yang jelas agar membantu untuk mendisiplinkan diri. Penentuan deadline tersebut juga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda masing-masing maka perlu dipertimbangkan dengan baik agar tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar.

 

Memiliki Konsep yang Jelas

 

Mampu menghasilkan buku yang baik dan berkualitas memang bukan hasil usaha satu atau dua hari saja, tetapi membutuhkan waktu yang cukup untuk Anda bisa menulis dengan baik dan optimal. Maka konsep yang jelas sejak awal akan sangat menolong Anda untuk menemukan cara menulis yang tepat. Dengan konsep dasar yang sudah bagus ini maka proses menulis Anda juga akan lebih mudah dan mengoptimalkan kualitas tulisan atau buku yang dihasilkan. Oleh karena itu, pertimbangkan dan rencanakan konsep buku Anda sebaik mungkin sejak awal mulai menulis.

 

Tidak Berhenti Menulis atau Menunggu Mood yang Baik

 

Masih banyak penulis pemula yang baru mulai menulis ketika mood atau semangatnya dalam keadaan baik. Padahal hal ini yang nantinya akan menjadi bumerang untuk diri Anda sendiri karena terlalu nyaman menunda proses menulis sehingga hasil tulisan menjadi lebih lama selesai atau bahkan tidak pernah selesai. Jadi akan lebih baik jika Anda memiliki waktu khusus yang memang sudah dijadwalkan untuk menulis, dengan begitu tidak perlu menunggu mood yang baik atau waktu yang tepat, tetapi bagaimana pun kondisi Anda pada saat itu tetap harus menulis sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menemukan Pembimbing yang Tepat

 

Tanpa adanya bimbingan memang bisa saja Anda menulis secara mandiri, tetapi hasil yang didapatkan tentu akan lebih optimal ketika Anda memiliki pembimbing atau bisa disebut coach berpengalaman dan profesional. Dengan begitu akan ada tantangan di setiap proses menulis yang membuat Anda tidak merasa bosan dan karya tulisan yang diharapkan juga bisa segera diselesaikan. Tentunya hal ini adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh penulis pemula yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman mumpuni.

 

Memperhatikan beberapa catatan tersebut akan sangat membantu Anda untuk memaksimalkan hasil tulisan yang dibuat. Tidak hanya kualitasnya, tetapi impian Anda untuk bisa mempublikasikan buku juga akan segera terwujud. Sehingga tidak perlu khawatir ketika Anda masih menjadi seorang penulis pemula karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam dunia menulis. Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.