Menjadi seorang penulis, tentunya juga harus mau melewati berbagai tantangan yang ada dalam menghasilkan buku, tetapi masih banyak mindset penulis yang kurang tepat untuk dimiliki seorang penulis sukses. Ada beberapa mindset yang memang harus Anda hindari dengan baik agar lebih sukses dalam menghasilkan karya buku terbaik.

Malas Untuk Melakukan Proses Self Editing

Setelah naskah mentah jadi maka melakukan proses self editing memang menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya untuk melihat bagian naskah yang typo atau hal-hal dasar lainnya, tetapi juga melihat lagi bagian-bagian buku yang mungkin bisa ditambahkan atau dikurangi demi meningkatkan kualitas buku tersebut. Malas untuk melakukannya tentu akan merugikan diri Anda sendiri karena Anda tidak dapat meningkatkan standar kualitas buku setelah proses penulisan selesai dilakukan.

Ingin Semuanya Serba Instan dan Cepat

Mindset penulis seperti ini perlu untuk dihilangkan karena membuat risiko kualitas buku seadanya atau bahkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk bisa menghasilkan karya buku terbaik tentunya ada proses panjang di baliknya. Sehingga Anda harus melalui proses tersebut dengan baik. Jika memang Anda memiliki target publikasi buku di waktu tertentu maka penting untuk mempersiapkan segalanya dari jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru. Apalagi dalam proses penerbitan masih ada proses yang namanya editing, layouting, proofreading, hingga pendaftaran ISBN yang bisa membutuhkan waktu cukup banyak.

Tidak Melakukan Langkah Promosi

Produk apa pun itu tidak akan banyak dikenal orang jika tidak dilakukan proses promosi yang tepat. Jika Anda berpikir bahwa sudah mempercayakan kepada penerbit yang sudah berpengalaman dan melakukan promosinya. Namun sebenarnya, Anda sebagai penulis seharusnya juga tetap melakukan langkah promosi agar penjualan buku juga akan semakin luas lagi. Jadi pemikiran bahwa langkah promosi sudah diserahkan ke pihak penerbit adalah mindset yang kurang tepat. Apalagi jika Anda menginginkan penjualan buku ini bisa lebih optimal dan menguntungkan.

Memilih penerbit yang sudah profesional memang akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk setiap prosesnya, tapi bukan berarti kemudian Anda menggantungkan semuanya pada pihak penerbit. Ada mindset yang memang tidak boleh terus dikembangkan karena akan membuat karya buku Anda menjadi kurang maksimal kualitasnya. Maka perhatikan bahwa Anda mengembangkan mindset penulis yang baik dan tepat agar mampu terus berkarya dan sukses dalam menulis buku.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.