Cara Menghindari Prokrastinasi Saat Menulis

Prokrastinasi adalah kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan dan dalam dunia menulis Anda harus mengetahui cara menghindari prokrastinasi. Jika Anda membiarkan kebiasaan ini terus terjadi maka proses penyelesaian naskah akan sangat terhambat. Biasanya keterlambatan dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas ini dikarenakan masih lebih banyak melakukan kegiatan lain yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Masalah prokrastinasi ini memang banyak dialami oleh para penulis yang akhirnya membuat naskahnya tidak bisa selesai sesuai target. Bahkan bisa juga naskah tersebut tidak pernah selesai karena tergantikan oleh kegiatan lainnya yang mungkin belum terlalu mendesak untuk dilakukan sekarang.

Matikan Sosial Media Saat Menulis

Ketika sedang proses menulis maka akan lebih baik jika Anda juga beristirahat terlebih dahulu dari sosial media. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi adanya gangguan dari notifikasi sosial media yang akan menarik perhatian Anda. Dengan begitu Anda akan jauh lebih fokus untuk menuliskan isi naskah sampai selesai sesuai target yang telah ditentukan sebelumnya. Sosial media memang menjadi alasan terbesar untuk prokrastinasi.

Segera Tuliskan Ide Anda

Ketika Anda mendapatkan ide untuk dituangkan dalam naskah maka tuliskanlah ide tersebut sesegera mungkin. Selain meminimalisasi kemungkinan Anda akan lupa dengan ide tersebut juga mengurangi adanya kebiasaan prokrastinasi yang sering kali dilakukan selama ini. Jadi memang akan lebih baik jika Anda memiliki buku catatan khusus atau membiasakan diri untuk membuat note  di ponsel.

Menceritakan Komitmen Menulis Pada Orang Terdekat

Jika Anda menceritakan komitmen menulis pada orang lain apalagi orang terdekat maka hal ini akan sangat membantu sebagai cara menghindari prokrastinasi saat menulis. Tentunya mereka sebagai orang terdekat akan membantu mengingatkan Anda untuk tetap pada komitmen yang sudah dibuat. Sehingga nantinya Anda memiliki pengingat dan semangat untuk bisa menyelesaikan naskah sesuai target yang sudah dibuat.

Jangan Berhenti Menulis Meskipun Sedang Stuck

Ada kalanya seorang penulis kemudian merasa stuck dan bisa memiliki ide lagi untuk menulis. Bisa saja hal ini terjadi karena sudah jenuh atau ada banyak yang hal yang sedang dipikirkan. Tetapi jika Anda kemudian memilih untuk berhenti menulis meskipun niatnya hanya sebentar tetap akan membuat penulisan naskah justru tidak selesai. Berhenti menulis saat sedang stuck atau buntu akan membuat masalah prokrastinasi menjadi lebih parah.

Mengambil Waktu Khusus Setiap Harinya

Salah satu cara menghindari prokrastinasi yang cukup ampuh untuk digunakan adalah berusaha mendisiplinkan diri untuk berkomitmen dengan pemilihan waktu menulis setiap harinya. Misalnya Anda sudah memilih untuk menulis di malam hari maka pada saat sudah waktunya menulis Anda harus melakukannya sampai selesai sesuai target. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk memfokuskan diri menyelesaikan naskah yang sedang dikembangkan.

Dengan mengaplikasikan beberapa cara tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengatasi masalah yang hampir selalu dihadapi oleh seorang penulis. Langkah yang tepat akan membuat proses penulisan naskah Anda menjadi lebih cepat selesai dan tentunya cukup memuaskan, apalagi cara menghindari prokrastinasi sebenarnya mudah dilakukan, tinggal cara Anda untuk mendisiplinkan diri.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.