Ada cara khusus untuk meningkatkan kreativitas saat menulis yang bisa diaplikasikan dalam proses pembuatan naskah Anda. Kreatvitas ini tentunya sangat penting untuk dikembangkan dengan baik sebagai modal untuk menulis naskah yang berkualitas. Mungkin setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menemukan ide kreatif yang bisa dijadikan sebagai ide tulisan yang terbaik dan bisa dikembangkan dengan baik.

Melakukan Brainstorming

Ketika Anda merasa sudah buntu untuk menemukan ide yang akan digunakan sebagai dasar dalam menulis buku maka bisa melakukan brainstorming sambil melakukan aktivitas fisik. Melakukan olahraga secara teratur meskipun ringan akan membantu untuk bisa berpikir secara kognitif dan memancing kreativitas Anda. Berdasarkan penelitian, olahraga bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih kreatif. Cara meningkatkan kreativitas saat menulis ini juga memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh.

Menyalurkan Inner Child

Anak-anak memang memiliki imajinasi yang liar dan luar biasa sehingga mereka memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Maka Anda harus mengeluarkan semuanya, jangan berusaha untuk membatasi ide kreatif yang muncul hanya karena khawatir pemikiran tersebut tidak akan diterima oleh masyarakat secara luas. Sehingga bebaskan pemikiran Anda dan cobalah untuk berimajinasi lebih liar lagi seperti anak-anak.

Beristirahat Ketika Sudah Jenuh

Ketika Anda merasa sudah jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan maka ambillah istirahat terlebih dahulu. Dengan mengambil waktu istirahat maka Anda akan membuarkan pikiran untuk lebih bebas untuk menemukan ide yang lebih brilian. Bahkan terkadang di saat break tersebut akan muncul ide-ide yang sebelumnya tidak terpikirkan. Maka biarkan pikiran Anda sejenak merasakan rileks, bisa juga sambil mencari referensi yang menyenangkan untuk dinikmati.

Mendengarkan Musik

Jika Anda tipe orang yang tidak terganggu dengan adanya musik saat sedang bekerja atau menulis maka bisa mencoba untuk melakukannya. Musik akan membantu untuk meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik. Ketika perasaan dalam kondisi yang baik maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan ide dan kreativitas yang akan dituangkan dalam naskah buku yang dituliskan pada saat itu.

Membuat Jurnal Doodle

Jika Anda adalah seorang yang berpemikiran visual tentu akan suka dengan adanya gambar-gambar dan tampilan yang menarik. Maka Anda bisa membuat jurnal atau coretan dalam kertas kosong menjadi sesuatu yang lebih menarik untuk memancing kreativitas dalam diri Anda keluar. Kebiasaan ini akan membantu Anda untuk mendorong lebih mudah untuk meningkatkan kreativitas saat menulis.

Anda bisa mencari cara sendiri untuk bisa meningkatkan kreativitas saat menulis. Perasaan yang rileks dan tidak tertekan menjadi kunci Anda untuk lebih mudah menemukan ide yang tepat untuk naskah yang sedang ditulis. Jadi temukan cara yang paling membuat Anda nyaman untuk bisa meningkatkan kreativitas saat menulis tanpa keterpaksaan dan bisa menghasilkan naskah buku dengan kualitas terbaik.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.