Novel menjadi sebuah karya sastra yang bisa digunakan sebagai hiburan untuk banyak orang menyesuaikan dengan target usianya, tentu ada rahasia menulis novel yang perlu Anda ketahui. Kebanyakan penulis pemula akan merasa khawatir bahwa karyanya tidak cukup bagus untuk dipublikasikan. Mungkin juga merasa kurang bisa mengembangkan karya novel menjadi cerita yang bisa dinikmati.

Maka dengan mengetahui rahasianya akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa menulis novel dan menyelesaikannya. Poin terpenting untuk penulis pemula adalah menyelesaikan tulisan yang sudah dimulai. Sisanya masih bisa diperbaiki pada proses editing dan disesuaikan lagi dengan harapan Anda pada hasil tulisan tersebut.

Memilih Genre yang Akan Ditulis

Anda harus menentukan terlebih dahulu genre yang akan dijadikan sebagai jenis cerita. Namun dalam menentukannya tidak bisa hanya berdasarkan keinginan Anda, tetapi harus disesuaikan dengan keinginan pasar. Untuk itu, Anda perlu melakukan survei untuk melihat genre yang sedang banyak disukai oleh pasar. Sehingga nantinya jika Anda menentukan berdasarkan riset akan membuatnya lebih mudah dekat dengan pembaca.

Membangun Tokoh dan Karakternya

Poin penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah membangun tokoh yang kuat dalam cerita novel tersebut. Agar tokoh tersebut menjadi kuat dan melekat dalam cerita maka Anda perlu memberikan karakter yang tepat. Setiap tokoh harus memiliki karakter yang unik, bahkan Anda juga bisa memberikan karakter tersembunyi jika diperlukan. Salah satu rahasia menulis novel adalah membuat karakter dalam novel dengan spesifik sehingga perannya dalam cerita akan terbangun dengan baik.

Hindari Konflik Berlebihan

Sebaiknya Anda menghindari pembuatan konflik yang terlalu berlebihan. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya cerita dalam novel tersebut terasa jauh dengan kehidupan nyata yang diketahui pembaca. Sehingga akan lebih baik jika Anda melakukan riset hal-hal yang memang terjadi di masyarakat dan menjadikannya sebagai dasar cerita. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah untuk memahami dan menikmati alur ceritanya sampai akhir. Cerita yang dekat dengan pembaca akan menarik perhatian lebih besar dan lebih mudah untuk meledak di pasaran.

Membuat Alur Cerita yang Menarik

Banyak pembaca yang lebih suka dengan alur cerita yang sulit ditebak kelanjutan ceritanya. Sehingga Anda bisa bermain-main dengan alur ceritanya agar menarik dan unik untuk dibaca. Dengan begitu pembaca akan terus merasa penasaran dengan akhir cerita yang disajikan. Tentunya cara ini juga akan membuat mereka lebih mudah untuk menikmati ceritanya sampai akhir.

Setelah Anda membuat draft naskah novel tersebut maka langkah selanjutnya adalah memilih penerbit yang sesuai untuk membantu proses cetak. Jika Anda memiliki banyak keinginan dan sudah ada bayangan tentang konsep pada novel tersebut maka cara yang paling mudah adalah menggunakan jasa penerbit indie. Dengan bantuan penerbit indie yang profesional maka Anda bisa mendapatkan fasilitas terbaik bahkan mengetahui lebih jauh rahasia menulis novel yang perlu diaplikasikan dalam naskah.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.