Cara Mudah yang Bisa Kita Lakukan untuk Mengasah Kemampuan Menulis yang Kita Miliki

1. Teknik Menulis Satu Alinea

Membuat satu alinea atau satu paragraf pada dasarnya merupakan sesuatu yang mudah, tetapi sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Satu hal yang pasti bahwa satu paragraf yang kita buat harus mengandung ide pokok, baik di bagian awal ataupun akhir paragraf. Dengan demikian, pembaca akan dengan mudah memahami pesan yang ingin kita sampaikan.

2. Teknik Menulis Membuat Kalimat Pembuka

Beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk membuat kalimat pembuka yang menarik yaitu dengan menampilkan kata-kata mutiara atau pendapat para ahli yang bisa dijadikan fakta pendukung dari argumen yang sedang kita bangun dan setiap bab yang kita buat bisa memunculkan kebaruan yang akan menarik minat pembaca untuk terus mencari informasi di setiap bab yang sudah kita buat.

3. Teknik Menulis memperluas Wawasan Terkait Tema yang Serupa

Teknik untuk mengasah kemampuan kita dalam menulis adalah dengan memperluas wawasan yang sudah kita miliki. Mulai dari merangkai argumen hingga data-data yang ingin kita paparkan. Kita bisa mengetahui banyak hal tersebut dari berbagai referensi yang sudah kita baca sebelumnya.

4. Teknik Menulis Membuat Kalimat yang Menakjubkan

Menakjubkan adalah kalimat atau kumpulan kata-kata yang mampu membuat pembaca tertarik untuk terus membaca tulisan kita. Kalimat tersebut bisa disusun dengan merangkai opini dan data-data yang sekiranya tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

5. Teknik Menulis Biasakan Membuat Sesuatu yang Berbeda

Sebagai seorang penulis, kita dituntut untuk memiliki sebuah kreativitas. Dengan kata lain, ada pembeda antara karya kita dengan karya orang lain. Kemampuan tersebut bisa kita asah dengan melakukan berbagai pengamatan terhadap karya orang lain.

Salam Literasi

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.